Sukses

Sapa Mentari Pagi dari Air Terjun di Pinggir Pantai Toroan Madura

Madura - Keindahan wisata alam menyebar di pelosok Indonesia, tak terkecuali di Pulau Madura. Ada sejumlah objek wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Seperti, destinasi wisata Air Terjun Toroan di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Informasi yang dihimpun Times Indonesia, wisata air di kawasan pantura itu, memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri daripada tempat wisata air terjun pada umumnya. Air terjun Toroan memiliki tinggi sekitar 20 meter dan lokasinya berdampingan dengan pantai.

Aliran air yang bersumber dari sungai payung, terasa begitu segar. Tak jarang, wisatawan yang berkunjung sangat betah berlama-lama menikmati kesejukan air terjun Toroan.

Jika ingin berenang di air terjun Toroan pastikan jangan berenang ke arah pantai. Karena di sini terdapat palung yang sangat dalam. Bahkan, sudah menelan korban, sebab melanggar peraturan yang telah tertulis di area pantai.

Bukan hanya airnya saja yang menyejukkan badan, suasana alam di sekitar air terjun Toroan juga memanjakan pandangan mata. Banyaknya pepohonan yang tumbuh serta rindang juga tidak telihatnya bangunan membuat lingkungan sekitar air terjun terlihat begitu natural. Karang dan bebatuan di sekitar air terjun Toroan, semakin melengkapi keindahan alam.

Jika ingin menghilangkan stress akibat rutinitas harian. Tempat ini, sangat cocok dijadikan salah satu pilihan. Apalagi, panorama sunset bisa dinikmati tanpa ada yang menghalangi. Bagi yang memiliki hobi selfie pun tidak akan rugi berkunjung ke air terjun Toroan.

Lokasinya kira - kira 105 kilometer dari arah Surabaya dan 4 kilometer dari Kecamatan Ketapang Sampang. Air terjun Toroan juga bagian dari kawasan pantai nepa dan hutan kera nepa.

Air terjun Toroan di Pulau Madura ini tidak di pungut biaya alias gratis hal ini karena belum adanya campur tangan pemerintah secara penuh. Meski begitu ada perhatian dari pemerintah, dengan dibangunnya fasilitas, seperti musala, kamar mandi, dan toilet.

 

Baca juga berita menarik lainnya di Timesindonesia.co.id.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengungkap Sejarah Masjid Jami' Al Baitul Amien di Jember
Artikel Selanjutnya
Bubur Muhdhor, dari Menu Takjil Kaum Duafa Menjadi Primadona Warga Tuban