Sukses

Ingin Sekolah Kedokteran Gratis, Cek Caranya di Sini

Liputan6.com, Sungailiat - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan beasiswa kedokteran gratis untuk lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliyah (MA) di daerah ini.

"Beasiswa akan diberi melalui proses seleksi dalam waktu dekat hanya untuk 5 orang pelajar terbaik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Akhmad Mukhsin di Sungailiat, Selasa (24/4/2018), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pada 2018, seleksi beasiswa daerah calon mahasiswa kedokteran nantinya akan dikuliahkan di Universitas Jambi. Peserta yang berhak mengikuti seleksi adalah para lulusan SMA/MA tahun 2016, 2017, dan 2018 dengan memiliki surat keterangan lulus.

Para peserta akan menjalani tahapan seleksi tertulis, jasmani, hingga psikotes yang dalam penilaiannya harus memiliki kriteria tertentu untuk kelulusannya.

"Jika lulus, bersedia mengabdi untuk Kabupaten Bangka dengan pernyataan di atas materai, sehingga kita prioritaskan untuk di Kabupaten Bangka," katanya.

Ia mengatakan beasiswa kedokteran sebetulnya sudah ada sebelumnya, baik untuk jenjang dokter umum maupun spesialis. Pada 2018 kembali dibuka mengingat banyaknya rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat yang berdiri di Kabupaten Bangka sehingga diperlukan persiapan untuk memiliki dokter.

Ia menambahkan, beasiswa kedokteran ini akan berjalan transparan karena tidak ada jatah atau titipan.

"Pelajar berprestasi yang akan menjadi peraih beasiswa kedokteran di Universitas Jambi. Beasiswa ini dipastikan penuh untuk pendidikan selama perkuliahan nanti," kata Akhmad Mukhsin.

Ia berharap pelajar bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi. Tahap pendaftaran dimulai 2 Mei sampai 12 Mei 2018 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka dengan tim seleksi langsung dari Universitas Jambi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.