Sukses

Angkringan 'Gala Dinner' ala KAI Purwokerto

Tak hanya penumpang kereta, para pengantar atau penjemput dan masyarakat umum pun ramai berkunjung ke angkringan Stasiun Purwokerto

Liputan6.com, Purwokerto - Selasa petang, 17 April 2018, Stasiun Besar Purwokerto tampak ramai. Namun, ada yang tak biasa, di halaman stasiun berjejer gerobak angkringan dan jajanan lain. Sebuah panggung ukuran sedang berdiri dari ujung barisan kursi yang tertutup kanopi.

Lampu-lampu termaram berpadu padan dengan makanan khas angkringan dan jajanan khas Purwokerto. Ini memikat para penumpang kereta yang turun di Stasiun Purwokerto dan membuat mereka tak segera beranjak sebelum mampir dan menikmati sajian gratis ini.

Tak hanya penumpang kereta, para pengantar atau penjemput dan masyarakat umum pun ramai berkunjung ke angkringan Stasiun Purwokerto. Mereka membawa serta anak-anak yang membuat suasana bertambah semarak.

Meski bertajuk angkringan, namun, tata letak dan hiburan yang disajikan sepertinya pantas membuatnya disebut sebagai angkringan modern atau dalam bahasa gaulnya, “zaman now”. Kursi dan meja berjajar rapi di halaman.

Panggung hiburan menampilkan grup band secara live. Tak berlebihan, ini seperti “Gala dinner” di tempat terbuka alias outdoor.

Sebanyak lima stan warung angkringan menyajikan beberapa menu. Di antaranya, ada aneka ragam gorengan, sate ceker, sate usus, dan tentu nasi kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkringan dan Nostalgia Semasa Kuliah

Stan lainnya menyediakan bakso daging sapi, mi ayam beragam pilihan serta jajanan pasar lainnya. Disediakan pula minuman khas angkringan, seperti susu jahe, jahe hangat, dan teh hangat.

Ratusan pengunjung ini barangkali tengah bernostalgia masa-masa kuliah atau bersekolah. Sajian jajanan tradisional jalanan seolah melemparkan pengunjung angkringan ke masa silam, ketika mereka masih begitu akrab dengan angkringan.

Suasana gembira, akrab dan penuh kekeluargaan pun tampak benar di antara mereka.

Sembari menikmati hidangan gratis di angkringan, pengunjung menikmati sajian musik Kamandaka Band. Grup musik PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto. Sajian musiknya mulai lagu nostalgia hingga lagu-lagu yang kini tengah populer.

Deputy Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto , Wisnu Pramudyo mengatakan acara bertajuk "Angkringan on Station" ini berlangsung antara 17-18 April dan diulang pada 24-25 April 2018. Acara dihelat antara pukul 19.00-21.00 WIB.

Ternyata Purwokerto bukan satu-satunya kota yang menggelar acara ini. Delapan Daop lain di Jawa secara serentak menggelar acara yang sama.

3 dari 3 halaman

Syarat Peroleh Makanan Gratis di Angkringan

Sembilan stasiun besar dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember menggelar acara ini. Yakni, Stasiun Besar Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng dan Stasiun Besar Jember).

"Tujuan agar kereta api semakin dekat dengan pelangganya, dan sebagai wujud perhatian KAI terhadap para UKM sehingga bisa mengangkat kearifan lokal untuk lebih meningkat," Wisnu berujar.

Pada selasa petang (17/4) ini tidak seperti biasanya, di Stasiun purwokerto halaman depan parkiran telah dipadati banyak pelanggan dan pengunjung untuk menikmati hiburan dan kuliner angkringan makanan Khas purwokerto.

Juru Bicara KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan untuk menikmati hidangan gratis angkringan Stasiun Purwokerto, para pengunjung hanya diberi syarat mudah. Mereka harus memiliki aplikasi KAI Access di ponselnya.

Selanjutnya, pengunjung menunjukkan ke panitia untuk diregistrasi. Setelah itu, mereka bisa memilih makanan yang dikehendaki, sepuasnya.

"Pada jam 20.00 sudah ada 140 pengunjung yang telah tercatat, dan telah menikmati sajian yg telah diberikan," Ixfan menerangkan kepada Liputan6.com, Selasa malam.

Ixfan menambahkan, dalam “Angkringan on Stasion” ini, PT KAI juga menyosialisasikan berbagai promo menarik seperti weekdays holiday dan diskon rombongan 15 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.