Sukses

Kapurung Palopo, Menu Kebersamaan di Pergantian Tahun

Untuk Anda yang ingin merayakan malam pergantian tahun, tak ada salahnya mencoba kuliner khas Palopo bernama Kapurung.

Liputan6.com, Makassar Kapurung merupakan salah satu jajaran kuliner tradisional yang ada di Sulawesi Selatan (Sulsel). Makanan khas berbahan utama sagu tersebut tepatnya berasal dari Kota Palopo.

Proses pembuatannya yang cukup sederhana dan dikerjakan secara gotong royong, membuat rasa kapurung menjadi nikmat dan diartikan sebagai makanan kebersamaan.

Kadang (42), salah seorang warga asli Kota Palopo, Sulsel, mengatakan kapurung merupakan makanan warisan nenek moyang yang patut dijaga dan dilestarikan. Rasanya yang nikmat dan kandungan gizinya yang berasal dari sagu dan berbagai jenis sayuran menjadikan kapurung cocok dikonsumsi untuk semua kalangan.

"Biasanya kalau acara-acara kumpul bareng keluarga atau tetangga, apalagi di pergantian tahun, kapurung selalu menjadi menu favorit," kata Kadang kepada Liputan6.com, Selasa, 26 Desember 2017.

Kapurung khas Kota Palopo itu, kata Kadang, sudah cukup terkenal dan sudah banyak yang membuka warung khusus menu kapurung di berbagai daerah di Sulsel.

Namun, kata Kadang, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli bahan-bahannya di beberapa pasar tradisional yang ada di daerah masing-masing.

Cukup beli sagu dan jenis sayuran yang disenangi seperti kangkung, bayam, daun kacang panjang dan jantung pisang. Terakhir jangan lupa untuk campurannya lauknya seperti ikan, udang, atau daging ayam.

"Pengolahan kapurung dimulai dari persiapan sagu hingga sayur dan ikan pelengkap masakan," ujar Kadang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambahkan Terasi

Sagu asli asal Kota Palopo yang akan diolah, kata Kadang, dilarutkan terlebih dahulu dalam wadah berisi air dingin, kemudian diaduk sedikit dan langsung dituangi air mendidih sambil diaduk terus hingga mengembang.

Ketika sagu sudah berubah warna dan mengental seperti lem, lanjut Kadang, sagu segera dibuat menyerupai bola-bola menggunakan sepasang alat sumpit atau bisa menggunakan sendok.

"Bagian ini membutuhkan teknik khusus agar bentuk sagu beraturan," terang Kadang.

Setelah itu, adonan sagu yang sudah dibentuk seperti bola-bola, kemudian dimasukkan ke dalam panci yang berisi berbagai jenis sayuran seperti bayam, daun kacang panjang, dan jantung pisang yang telah direbus dalam air mendidih.

Sementara untuk campuran kuah kapurung, yakni terbuat dari kuah ikan masak yang diberi asam sehingga rasanya agak sedikit kecut. Setelah itu, semua adonan sagu yang telah dicampur dengan beragam sayuran dimasukkan kedalam kuah ikan masak yang rasanya sedikit kecut.

"Boleh juga ditambahkan dengan udang yang sudah direbus. Sehingga kelihatan berimbang lauknya," kata Kadang.

Agar kapurung khas Palopo itu rasanya lebih nikmat, boleh ditambahkan sambal terasi yang sebelumnya telah diulek hingga halus. Kata Kadang, hal ltu bakal menambah selera makan.

3 dari 3 halaman

Resep Kapurung

Bagi mereka yang ingin mencoba membuat kapurung khas Kota Palopo sendiri di rumah untuk persiapan perayaan malam pergantian tahun nantinya, berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan baku:

Sagu dan kacang tanah 250 g, di goreng dan dihaluskan.

Sayuran:

Bayam, daun kacang panjang, jantung pisang atau sayuran lainnya sesuai selera.

Ikan:

Ikan teri, udang dan boleh juga menggunakan daging ayam. Sesuaikan dengan selera saja. Ikan dimasak kuah pakai bumbu, seperti biasanya kemudian ambil dagingnya dan dicabit-cabit kecil hingga terpisah dengan durinya.

Asam:

Jeruk nipis atau bisa menggunakan patikala, mangga muda dan belimbing asam. Kalau menggunakan patikala dan mangga harus di haluskan dengan bumbu

Bumbu-bumbu:

Cabe rawit 15 biji (sesuai selera), tomat 2 buah, garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya. Semua bumbu dicampur dan dihaluskan.

Cara membuat masakan kapurung yang lezat:

Larutkan sagu di dalam baskom sedang, didihkan air 4-5 gelas hingga mendidih. Kemudian tuang air panas atau mendidih kedalam baskom berisi sagu sambil di aduk terus hingga sagu mengembang, berubah warna dan mengental.

Setelah itu buat bola-bola kecil seperti bakso dengan menggunakan sepasang sumpit dan simpan kedalam baskom yang berisi air dingin sebanyak 2 gelas. Lalu tuang kuah ikan kedalam baskom yang berisi bola-bola kecil, masukkan bumbu yang telah dihaluskan, cincangan ikan, kacang tanah halus, sayuran, dan peraskan air jeruk nipis sesuai selera.Masakan kapurung yang lezat pun siap disajikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.