Sukses

Kesan Gubernur Sumatera Utara Ikut Prosesi Siraman Kahiyang-Bobby

Uniknya, siraman kepada Bobby Nasution ini dilakukan 11 tokoh yang semuanya di luar etnis Jawa.

Liputan6.com, Solo - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Tengku Erry Nuradi, salah satu tokoh yang ditunjuk melakukan tradisi siraman menjelang pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

Tengku Erry ditunjuk mewakili pihak pengantin pria melakukan siraman kepada Bobby Nasution bersama 10 tokoh lainnya. Erry pun mengaku sangat berkesan.

Erry tampak mengenakan pakaian adat Jawa lengkap, seragam dan selaras dengan pihak keluarga pengantin pria. Uniknya, siraman kepada Bobby Nasution ini dilakukan 11 tokoh yang semuanya di luar etnis Jawa.

"Tradisi siraman menjelang pernikahan ini penuh makna dari nilai-nilai yang terkandung dalam adat Jawa tersebut," kata Erry, Selasa, 7 November 2017.

Prosesi siraman di pihak calon pengantin pria ini dilakukan di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah. Sementara di pihak calon pengantin wanita tradisi bleketepe, siraman dan sadeyan dawet dilakukan di hari yang sama, di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjar Sari, Surakarta (Solo).

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry yang hadir bersama istri, Evi Diana Br Sitorus yang mengenakan kebaya berwarna hijau juga turut memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

"Insyaallah nantinya mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah," tutur Erry.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gubernur Turut Doakan Kahiyang-Bobby

Erry juga mendoakan Kahiyang-Bobby yang berpacaran sejak kuliah tersebut, kelak dikaruniai amanah anak-anak yang saleh dan salihah, serta menjaga tradisi Rasulullah SAW.

"Sekali lagi selamat berbahagia dengan menempuh hidup baru untuk Bobby dan Kahiyang," ucap Erry.

Sementara untuk acara Selasa, 7 November 2017, dilakukan prosesi wilujeng kenduri. Acara ini berlangsung sore hari dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga selesai bertempat di kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Pada malam harinya sehari sebelum hari pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Untuk ijab kabul dilakukan pagi hari pada Rabu, 8 November 2017 pukul 09.00-10.15 WIB bertempat di Gedung Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Ada dua tokoh negara yang akan menjadi saksi nikah Kahiyang dan Bobby. Mereka adalah Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) dan Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

Siangnya, setelah resmi menjadi suami istri, Kahiyang dan Bobby menggelar resepsi pernikahan di tempat yang sama pada pukul 10.30-11.30 WIB. Masih di gedung yang sama, resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby digelar untuk kedua kalinya pada malam hari pukul 20.00-21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.