Sukses

Penjelasan Presiden Jokowi soal Akad Nikah Kahiyang Ayu-Bobby

Liputan6.com, Solo - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution alias Bobby, tinggal menghitung hari. Presiden Jokowi pun menyempatkan ke kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu dan Minggu, 28-29 Oktober 2017.

Dalam kepulangan kali ini, Jokowi menyempatkan untuk mengecek segala persiapan pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby yang akan digelar di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pada 8 November mendatang. Jokowi pun memimpin rapat terakhir persiapan pernikahan putrinya yang dimulai pada Minggu, 29 Oktober 2017, pukul 10.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.30 WIB.

"Ini tadi rapat terakhir," ucap Presiden Jokowi saat konferensi pers di kediaman pribadinya, Jalan Kutai Utara, Kota Solo, Minggu, 29 Oktober 2017.

Dari hasil rapat terakhir tersebut, Jokowi mengatakan bahwa segala hal yang menyangkut penyelenggaraan perhelatan itu sudah siap semua. "Alhamdulillah saya cek sendiri, dari seluruh panitia yang ada sudah beres semua," katanya.

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memberikan bocoran mengenai urutan acara pernikahan anak keduanya itu. Ia mengungkapkan, ijab kabul atau akad nikah akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. "Akad nanti paling selesai pukul 10.00 WIB," ujar Jokowi.

Setelah itu akan dilangsungkan resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby, dimulai pukul 11.00 WIB- 13.00 WIB. "Resepsi kedua nanti pas malamnya," tutur Jokowi yang juga mantan Wali Kota Solo ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 3 halaman

JK dan Darmin Nasution Bakal Jadi Saksi Pernikahan

Presiden Jokowi tengah mempersiapan pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution. Sebanyak delapan ribu undangan akan disebar untuk menghadiri pernikahan anak keduanya itu.

"Ini baru saja tadi telah rapat terakhir untuk persiapan pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution yang akan dilangsungkan pada 8 November 2017 di Solo dan kemudian akan dilanjutkan juga nanti tanggal 24, 25, 26 (November) di Medan," ujar Jokowi di kediaman pribadinya, Jalan Kutai Utara, Kota Solo, Minggu, 29 Oktober 2017

Berdasarkan hasil rapat, Jokowi menyatakan persiapan pernikahan telah selesai dan berjalan sesuai rencana. Sebagai orangtua, ia tak segan mengawasi jalannya persiapan pernikahan putrinya tersebut.

"Alhamdulillah tadi saya cek sendiri dari seluruh kepanitian yang ada sudah beres semuanya, tinggal mendistribusikan undangannya yang akan dimulai besok pagi," kata Jokowi.

Sama seperti pernikahan Gibran sebelumnya, para undangan terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pejabat, masyarakat, hingga para relawan. "Tamu undangan kurang lebih delapan ribu," ungkap Jokowi.

Sedangkan untuk saksi pernikahan, Jokowi mengungkap, "Saksinya nanti yang dari kami Bapak H.M. Jusuf Kalla, kemudian yang dari pihak Muhammad Bobby Afif Nasution, Bapak Darmin Nasution."

Ia pun menegaskan tidak akan mengambil cuti dan akan tetap bekerja selama persiapan pernikahan Kahiyang dan Bobby. "Tidak ada cuti," Jokowi memungkasi.

3 dari 3 halaman

Bocoran Rangkaian Pernikahan Putri Jokowi

Rencana pernikahan putri satu-satunya presiden Jokowi, Kahiyang Ayu menjadi sorotan masyarakat. Pernikahan Kahiyang dengan sang kekasih Bobby Nasution akan dilaksanakan pada tanggal 8 November 2017. Namun, sederet prosesi sebelum dan sesudah ijab kabul telah direncanakan.

Bagi Anda yang penasaran dengan prosesi pernikahan Kahiyang Ayu atau putri dari orang nomor satu di Indonesia ini, berikut rangkaian acara yang menggunakan adat Jawa dan jadwalnya, seperti ditulis Tim Lifestyle Liputan6.com:

1. Tata cara Wilujengan Kenduri

Prosesi selamatan ini akan dilakukan dua hari sebelum ijab kabul pada Senin (6/11/2017). Acara ini akan berlangsung sore hari dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga selesai bertempat di kediaman pribadi presiden Jokowi, Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari Surakarta Jawa Tengah.

2. Pasang Bleketepe, siraman, sadeyan dawet pihak putri

Rangkaian acara adat berupa pemasangan bleketepe, siraman hingga sadeyan dawet dari pihak calon pengantin wanita Kahiyang Jokowi akan berlangsung esok harinya pada Selasa (7/11/2017), bertempat di kediaman pribadi Jokowi.

3. Siraman pihak putra

Sementara prosesi siraman di pihak calon pengantin pria dilakukan pada hari yang sama namun di tempat yang berbeda di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

4. Serah terima paningset dan Midodareni

Pada malam harinya sehari sebelum hari pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Ijab Kabul dan Resepsi

5. Ijab kabul dan panggih

Saat yang ditunggu-tunggu, ijab kabul dilakukan pagi hari pada Rabu (8/11/2017) pukul 09.00-10.15 WIB bertempat di Gedung Graha Saba Buwana, Jalan Letjen Suprapto, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

6. Resepsi pernikahan siang

Siangnya setelah resmi menjadi suami istri, Kahiyang dan Bobby menggelar resepsi pernikahan di tempat yang sama dengan prosesi akad pada pukul 10.30-11.30 WIB.

7. Resepsi pernikahan malam

Masih di gedung yang sama, resepsi digelar untuk kedua kalinya pada malam hari pukul 20.00-21.00 WIB. Direncanakan pesta pernikahan kedua akan dilakukan di daerah asal calon mempelai pria di Medan, Sumatera Utara. 

Loading