Sukses

Mengintip 6 Fasilitas Keren Bandara Sepinggan Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Ketika menjajakkan kaki di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan, Kalimantan Timur, pengunjung langsung terpukau. Bagaimana tidak, kondisi bandara ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan lima tahun lalu.

Desain modern menyerupai Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, tampak begitu jelas. Hal itu karena bandara yang terletak di Kota Balikpapan itu merupakan rancangan Benyamin Aris Nugroho yang juga mendesain T3 Bandara Soetta.

Jauh sebelum T3 Ultimate diresmikan pada tahun 2016, Bandara SAMS sudah lebih dulu menampilkan tren modern berbasis seni dalam sebuah bandara. Pasalnya, bandara ini sudah diresmikan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 September 2014.

Bandara SAMS Sepinggan menampilkan sisi modern dengan ornamen khas Kalimantan, seperti ukiran, patung. Bahkan, replika orangutan pun mejeng di tengah-tengah bandara.

Tidak hanya berinovasi melalui desain, sejumlah fasilitas menarik disajikan pihak Angkasa Pura I untuk memberikan kenyamanan pengunjung bandara.

"Di sini ada toilet 3D dan airport cinema, ini yang pertama di Indonesia sebelum di T3 Soetta, cuma kalah pamor saja karena mereka di pusat," ujar General Manager Bandara SAMS Sepinggan Handy Heryudhitiawan, Rabu, 25 Oktober 2017.

Selain kedua fasilitas yang disebutkan Handy, masih banyak layanan canggih yang dimiliki Bandara SAMS, Sepinggan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

Layanan Penumpang Kebutuhan Khusus

Pihak Angkasa Pura (AP) I mengklaim layanan penumpang kebutuhan khusus ini juga merupakan yang pertama ada di bandara di Indonesia.

Manajer Operasi Bandara SAMS Kus Hendratno menyebutkan layanan ini diberikan untuk calon penumpang yang hamil, lanjut usia, difabel, dan anak-anak di bawah usia 12 tahun tanpa pendamping (uncompanied minor).

"Jadi kita bantu dari masuk bandara sampai pintu boarding pass setelah kita serahkan kepada pihak maskapai. Kita tawarkan apa butuh bantuan untuk check in. Jika iya, kita bantu check in, kalau butuh bantuan untuk jalan, kita bantu dorong pakai kursi roda," ujar Kus.

Meski belum diluncurkan, Kus melanjutkan, layanan ramah bagi penumpang berkebutuhan khusus ini sudan beroperasi sejak 1 Oktober 2017 lalu. Pihak AP I sudah berkoordinasi dengan seluruh maskapai yang ada di Bandara SAMS ini.

"Kan ketentuannya itu kalau check in harus orang yang bersangkutan, tapi kalau kita bawa surat pernyataan dari pengunjung yang berkebutuhan khusus ini maka check in bisa diwakilkan," Kus menerangkan.

Dia menambahkan sejak layanan ini beroperasi, belum ada kendala berarti. Kebanyakan masalah datang ketika penumpang yang berkebutuhan khusus ini datang mepet dengan waktu boarding.

"Ada yang datang mepet waktu, padahal, seperti ibu hamil itu perlu diperiksa dulu kelengkapan izin terbang supaya bisa dibantu untuk check in. Jadi kalau mepet begitu ya jadi buru-buru," ujarnya.

Untuk itu, Kus mengharapkan agar calon penumpang di Bandara SAMS yang berkebutuhan khusus bisa berkoordinasi sebelum sampai di bandara.

"Bisa telepon call center 172, jadi bisa kita tunggu dari pintu masuk bandara," Kus memungkasi.

3 dari 5 halaman

Pengamanan Bagasi Secara Otomatis

Bandara SAMS sudah menerapkan Baggage Handling System (BHS). Sistem pengamanan bagasi ini berupa sistem otomatis sejak bagasi diserahkan calon penumpang hingga ke pesawat.

"Kalau dulu kan dibawa troli, tapi dengan sistem ini, barang dialirkan secara otomatis, nanti barang diteruskan sesuai dengan penerbangannya, jadi barang yang masuk bagasi dipastikan aman dari benda-benda terlarang dan tidak salah bagasi," ujar Manajer Operasi Bandara SAMS Kus Hendratno.

Dalam rangkaian sistem ini terdapat Hold Baggage Screaning. Kus menjelaskan ada empat level pemeriksaan bagasi. Jika barang bawaan penumpang lolos keempat screaning maka langsung masuk bagasi pesawat. Namun, ketika tidak lolos prosesscreaning, maka barang akan dialirkan ke pihak keamanan bandara untuk pengecekan langsung.

"Jadi kalau di level empat di-reject maka akan dipanggil pemiliknya. Nanti, sama-sama kita buka barangnya untuk dilihat langsung apa benar barang yang terlarang dibawa," Kus memaparkan.

Menurut dia, sistem pengamanan bagasi ini baru ada di empat bandara di Indonesia, yakni Bandara Soetta, Kualanamu, Bali, dan SAMS Balikpapan.

Sistem Kendali Bandara Satu Pintu

Di Bandara SAMS juga sudah diterapkan Airport Operation Control Centre. Airport Operation Airside Section Head Khoufan R Oktarian menjelaskan dengan menggunakan aplikasi Airport Operational Data Base (AODB), sistem ini mampu mengendalikan seluruh aktivitas bandara.

"Jadi dari atur jadwal bandara hingga buka tutup gate. Begitu ada pesawat minta penundaan terbang, kita langsung atur ulang semua jadwal pesawatnya. Jadi satu delay bisa pengaruh ke semuanya, ini kita atur dengan sistem ini," kata Khoufan.

Dia menyebut dari sembilan bandara yang dikelola AP 1, Bandara SAMS yang diharapkan bisa menjadi pilot project sistem berteknologi Jerman ini.

"Operasionalnya sudah sejak 2014, tetapi tempatnya diharapkan bisa rampung dibangun November ini," Khoufan menandaskan.

 

4 dari 5 halaman

Toilet 3D untuk Para Penggemar Selfie

Nah, kalau ini, fasilitas untuk para pengunjung yang gemar berswafoto alias selfie. Kali ini lokasi fotonya berada di toilet.

Sambil menunggu antrean toilet, para pengunjung bisa asyik mengabadikan toilet unik Bandara SAMS ke dalam sebuah foto untuk diunggah di media sosial.

Latar toilet 3D ini bertemakan alam. Pengunjung dimanjakan warna hijau hutan dan birunya langit yang menggambarkan suasana alam di Kalimantan.

Tidak hanya toilet 3D, fasilitas penting lainnya ada ruang menyusui. Ada sejumlah ruang menyusui atau nursery room yang sangat nyaman digunakan ibu-ibu menyusui untuk menyusui anaknya atau memerah ASI sembari menunggu pemberangkatan.

Sensasi Nonton Bioskop di Bandara

Airport Cinema di bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)

Bosan menunggu waktu penerbangan tiba, apalagi jika terjadi penundaan, calon penumpang di Bandara SAMS bisa menikmati film box office di Airport Cinema. Fasilitas ini merupakan pertama di bandara di Indonesia sejak diluncurkan pada Mei 2016.

Layaknya bioskop pada umumnya, Airport Cinema juga memiliki jam tayang, yaitu setiap pukul 07.00-09.00, 09.00-11.00, 15.00-17.00, dan jam tayang terakhir pada pukul 19.00-21.00 Wita.

Pengunjung tidak dipungut biaya sedikit pun untuk mendapatkan fasilitas ini. Hanya saja, jumlah tempat duduk yang terbatas, yakni hanya berkapasitas 20 orang.

Namun, bangku eksklusif di bioskop ini dan ruangan yang nyaman sangat memanjakan calon penumpang sehingga tidak jenuh menunggu di bandara.

5 dari 5 halaman

Kids Playground dan Reading Room

Kini, membawa anak dalam perjalanan bisa sangat menyenangkan. Para calon penumpang di Bandara SAMS tidak perlu khawatir jika si anak mengalami kejenuhan. Pasalnya, di bandara ini menyediakan tempat bermain untuk anak di sejumlah titik.

Tidak hanya itu, calon penumpang pun bisa membawa anaknya yang masih kecil berkeliling bandara dengan stroller yang disediakan pihak bandara.

Itu fasilitas untuk anak. Namun, ada juga fasilitas untuk orang dewasa, yakni reading corner alias pojok baca. Desainnya sangat cozy sehingga para pengunjung bisa fokus membaca meski di areal yang cukup terbuka sambil menunggu waktu boarding tiba.

Peminjaman stroller bayi untuk penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Ramdania El Hida)