Sukses

Jejak Rumah Sakit Tempat Lahir Jokowi

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berulang tahun ke-56 pada Rabu (21/6/201) ini. Merunut ke belakang, Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Solo.

Rumah Sakit Brayat Minulya saat ini berlokasi di Jalan Setiabudi 106. Rumah sakit itu didirikan pada 8 Desember 1949 dengan menempati lokasi Jalan Kebalen Nomor 2, Solo. Sebelum jadi rumah sakit, Brayat Minulya merupakan balai pengobatan dan rumah sakit bersalin dengan kapasitas enam tempat tidur.

"Rumah sakit ini dirintis dan dikelola oleh suster-suster BKK (Biarawati Karya Kesehatan)," kata Kepala Humas Rumah Sakit Brayat Minulya, Brigitta Adventa, Rabu, 21 Juni 2017.

Pada 1952, Brayat Minulya mengembangkan pelayanannya seiring dengan kepindahannya ke Jalan Setia Budi. Rumah sakit ini memang tidak jauh dari rumah Presiden Jokowi waktu itu di Gilingan. Hanya berjarak sekitar dua kilometer.

"Kalau dilihat dari catatan, Pak Jokowi lahir pada 21 Juni 1961. Di situ tertulis anak dari Nyonya Sudjiatmi Notomihardjo," kata Brigitta.

Ia menjelaskan, rekam medis kelahiran Presiden Jokowi masih tersimpan rapi. Lantaran rekam medis menjadi rahasia rumah sakit, ia enggan menjelaskan lebih detail tentang kelahiran Presiden Joko Widodo.

"Yang jelas rekam medis masih ada, masih kita simpan, " kata dia.

Rumah Sakit tempat kelahiran Jokowi (Liputan6.com / Fajar Abrori)

Ruang untuk lahiran Jokowi sudah berubah bentuk. Lantaran rumah sakit melakukan renovasi, ruangan yang dulunya menjadi tempat lahir Jokowi sudah dirombak total.

"Sudah kita rombak semuanya pada 2005. Sekarang ruangan yang dulunya jadi tempat lahir Pak Presiden sudah jadi ruang farmasi. Itu tempatnya tepat di bagian depan rumah sakit, " ujar dia.

Loading