Sukses

Arus Mudik, Bandara Adisucipto Yogyakarta Tambah Penerbangan

Penambahan penerbangan untuk arus mudik akan mulai beroperasi kurang dari dua minggu lagi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan menambah jadwal penerbangan menjelang arus mudik Lebaran 2017. General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, mengatakan penambahan jadwal penerbangan akan resmi beroperasi pada 15 Juni 2017.

Penambahan jadwal penerbangan ini akan berpengaruh pada waktu buka dan tutup bandara. Jadwal penerbangan yang biasanya mulai pukul 06.00 WIB akan dimulai lebih awal, yakni pukul 05.00 WIB. Jadwal penerbangan yang biasanya hanya sampai pukul 21.00 WIB, akan bertambah hingga pukul 24.00 WIB.

"Penambahan jadwal penerbangan ini ada ke Lampung, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Pontianak," ujar Agus di kantor PT Angkasa Pura I Yogyakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Menurutnya, dengan penambahan jadwal ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, mulai dari Pangkalan Udara Adisutjipto hingga bagian Airnav. Sebab kebijakan ini tidak hanya di bulan puasa dan Lebaran, tapi seterusnya. Untuk itu, saat ini pihaknya sudah merekrut 116 orang untuk penambahan jadwal penerbangan.

"Jadwal penerbangan ini akan kita permanenkan. Tidak mungkin 116 orang yang kita rekrut hanya selesai untuk satu bulan," katanya.

Pandu menjelaskan, sejumlah maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan jadwal ada dari AirAsia, Lion Air, Sriwijaya, dan Citilink. Informasi yang masuk menurutnya Lion sudah mengajukan 13 jadwal penerbangan tambahan.

Adanya antusiasme dari maskapai menambah jadwal penerbangan akan terus dievaluasi nantinya. Yang jelas, penambahan ini dalam rangka menjelang arus mudik lebaran 2017.

"Jam penambahan nanti akan kita evaluasi. Dimanfaatkan atau tidak. Kita berharap dari jam 9 malam ke atas bisa dimanfaatkan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.