Sukses

Keris-Keris Pusaka di Bawah Bulan Purnama Ponorogo

Peminat keris kini mulai menjalar kepada anak-anak muda Ponorogo.

Liputan6.com, Ponorogo – Keris alias tosan aji masih menarik bagi warga Ponorogo, Jawa Timur. Hal itu mendorong para perajin keris dari berbagai daerah rutin menggelar pameran di Paseban Kabupaten Ponorogo, Jl Alun-alun Utara, setiap bulan purnama.

Dalam pameran keris itu, di panggung utama alun-alun selalu ditampilkan atraksi kesenian Reog pada malam harinya.

"Pada saat bulan purnama, sakralnya dapat dan bertepatan juga selalu ada Reog, jadi kami bisa mengenalkan ke masyarakat umum seperti apa tosan aji itu," tutur koordinator acara, Deni Kristianto kepada Liputan6.com, Rabu (12/4/2017).

Suasana pagelaran dibuat lesehan agar memudahkan masyarakat untuk melihat dan mengedukasi tentang keris dan bisa bercengkerama dengan pengrajinnya. Pagelaran yang sudah dua kali digelar itu diikuti pengrajin dari Solo, Madiun, Jogja dan Surabaya.

Bahkan, ia menuturkan harus membatasi jumlah perajin keris karena tempat yang disediakan masih terbatas. "Pagelaran keris ini sangat didukung oleh pemerintah kabupaten bahkan dipersilahkan untuk setiap minggu mengadakan pameran keris," kata Deni.

Pagelaran yang berlangsung pada pukul 12.00 – 24.00 WIB itu sangat diminati warga. Keris yang dulunya hanya diminati oleh kalangan 50 tahun ke atas sekarang mulai banyak diminati anak-anak muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.