Sukses

Hanya 10 Menit, Banjir Genangi SMAN 9 Bandung Hingga 1,5 Meter

Selama ini, ketinggian genangan air di SMAN 9 Bandung tidak pernah lebih tinggi dari mata kaki.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung sejak pukul 11.30 WIB siang tidak berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar siswa SMAN 9 di Jalan LLU I Suparmin 1 A. Selama ini, ketinggian genangan air tidak pernah lebih tinggi dari mata kaki.

Namun, setelah tiga puluh menit berlalu, para siswa mulai resah karena air yang masuk ke dalam lingkungan sekolah tidak juga surut. Hanya dalam 10 menit, air sudah menggenangi sejumlah ruangan di SMAN 9. Bahkan, ada yang mencapai ketinggian hingga 1,5 meter.

"Total sekitar 18 ruangan terendam banjir. Tiga ruangan multimedia, ruang guru, ruang BK, perpustakaan, ruang OSIS dan 11 kelas," kata Siswanto, salah satu pegawai Tata Usaha, Senin (24/10/2016).

Siswanto menyebut banjir yang menggenangi sekolah kali ini menjadi yang terparah. Saat itu, beberapa siswa sempat panik karena derasnya air mengingatkan pada banjir bandang yang terjadi di beberapa daerah.

"Kejadian tapi cepat sekali. Air tiba-tiba masuk ke dalam seperti banjir bandang. Beruntung tadi masih jam istirahat, jadi nggak banyak siswa yang panik," tutur dia.

Siswanto menjelaskan penyebab banjir lantaran tembok penghalang aliran sungai dan SMAN 9 jebol. Kini, seluruh siswa, guru dan pegawai bahu membahu membersihkan sisa-sisa banjir.

"Kalau kerugian kita nggak tahu. Cuma, sekarang lagi kerja bakti. Semoga besok KBM (kegiatan belajar mengajar) sudah bisa dilakukan seperti semula," ucap Siswanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.