Sukses

Ribuan Bakpia Dibagikan Gratis di Ngampilan Yogyakarta Sore Ini

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari ini Yogyakarta akan menggelar Merti Bakpia atau Bakpia Day. Acara yang digelar tiap tahun ini sudah memasuki tahun ke-5. Lurah Ngampilan Yogyakarta Maryuni mengatakan, persiapan Merti Bakpia tahun ini lebih matang dibandingkan sebelumnya.

"Persiapannya lebih kompak karena buat bakpianya secara bersama-sama. Kalau penasaran datang saja ke Jalan KS Tubun sore ini," ujar Maryuni, Minggu (18/9/2016).

Dia mengatakan, tahun ini yang membedakan adalah jumlah gunungan yang akan dirayah (diperebutkan) masyarakat. Tahun ini ada lima gunungan yang akan direbutkan. Di mana tiap gunungan terdapat 3.750 bakpia. Lima gunungan ini terdiri dari gunungan lanang, gunungan wedok, dan 3 gunungan anak.

"Tahun kemarin ada dua, tahun ini ada lima gunungan yang dibuat, tapi oseng-oseng mercon nggak ikut," ujar Maryuni sembari mengatakan acara akan dimulai pukul 15.00 WIB.

Dia menjelaskan, tidak hanya gunungan yang akan dibagikan gratis, para pengusaha bakpia di sekitar Ngampilan juga akan membagikan produknya. Ada 200 pengusaha bakpia yang akan membagikan bakpianya kepada masyarakat.

"Nanti gunungan diarak lewat Jalan KS Tubun, Jalan Letjend Suprapto, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, dan kembali lagi ke Jalan KS Tubun. Penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 12.00 WIB," jelas Maryuni.

Loading