Sukses

Onyap, Pengusir Nyamuk Tenaga Surya dari Yogyakarta

Onyap mudah ditenteng kemana saja.

Liputan6.com, Yogyakarta - Obat nyamuk dari Yogyakarta ini bukan obat nyamuk biasa. Jika biasanya obat nyamuk berbentuk obat nyamuk bakar, semprot, listrik, dan losion antinyamuk, obat nyamuk temuan sekelompok mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menggunakan energi matahari.

Para mahasiswa itu, Rismoyo, Atika Widyastutie, Wahyu Putra, Amir Mu’amar, dan Singgih Bekti membuat terobosan dengan merancang pengusir nyamuk menggunakan energi matahari. Mereka menamai temuannya Onyap, kependekan dari obat nyamuk portabel.

Sesuai namanya obat nyamuk ini bisa ditenteng kemana saja. Bentuknya mirip dengan powerbank yang bisa dikantongi maupun disimpan dalam tas.

"Obat nyamuk portabel ini menggunakan mini solar cell yang terhubung langsung dengan baterai lithium-ion dan kemudian disalurkan ke pemanas," ujar Rismoyo, Minggu (11/9/2016).

Ia menjelaskan sel surya mini itu adalah perangkat yang digunakan untuk menyerap sinar matahari kemudian diubah dalam bentuk energi listrik. Baterai lithium-ion berfungsi menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh mini solar cell, sedangkan pemanas bertujuan memanaskan obat sehingga obat nyamuk dapat berfungsi.

Onyap bekerja melalui beberapa fase, yakni pengisian, penyimpanan, dan penggunaan. Saat pengisian, Onyap mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Pada fase kedua, Onyap akan mengisi baterai secara otomatis selama ada sumber energi listrik berupa cahaya. Fase ketiga, Onyap siap untuk digunakan oleh pengguna.

Wahyu Putra menjelaskan bahan yang digunakan meliputi mini solar cell, baterai lithium-ion, pemanas, saklar dan lampu LED. "Onyap dirancang berbentuk boks atau kotak untuk menampung dan mewadahi seluruh komponen utama berupa mini solar cell, baterai lithium-ion dan pemanas," ucap dia.

 

 

Onyap obat nyamuk energi matahari temuan mahasiswa UNY (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

 

Ketika mini solar cell terkenar sinar matahari, kata dia, maka akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang didapat harus disimpan lewat batterai lithium-ion agar dapat digunakan sesuai keinginan pengguna.

Baterai itu dipilih karena selain memiliki kemampuanyang baik dalam menyimpan energi listrik, juga harganya cukup murah. Energi yang telah disimpan digunakan untuk memanaskan pemanas obat nyamuk.

"Untuk mengisi baterai hanya perlu dijemur di bawah terik sinar matahari dan bila baterai telah penuh lampu LED akan menyala dan Onyap dapat digunakan dengan menekan tombol on," tutur Wahyu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini