Sukses

Gunung Bromo Tetap Aman Didatangi Wisatawan, Asal...

Gara-gara pemberitaan yang berlebihan soal erupsi Gunung Bromo, masyarakat Tengger menderita kerugian.

Liputan6.com, Probolinggo - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Jatim, Dwijoko Nurjayadi mengimbau media tidak berlebihan memberitakan erupsi Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut itu.

"Pemberitaan Gunung Bromo yang berlebihan dan tidak sesuai dengan fakta akan berdampak pada turunnya sektor pariwisata di Gunung Bromo, sehingga menyebabkan wisatawan membatalkan kunjungannya ke sana," kata Dwijoko, seperti dilansir Antara, Jumat 5 Agustus 2016.

Menurut dia, erupsi Gunung Bromo pada status waspada selama ini tidak mengancam jiwa penduduk yang berada di lereng karena jarak pemukiman dengan puncak kawah aktif cukup jauh. Meski begitu, erupsi itu berdampak pada sektor pertanian dan pariwisata.

"Masyarakat Tengger yang berada di lereng Gunung Bromo juga cukup tenang menjalankan aktivitasnya sehari-hari karena mereka sudah terbiasa dan sudah paham benar dengan aktivitas gunung eksotisme tersebut, sehingga tidak perlu dibesar-besarkan erupsi Bromo karena aktivitas erupsi adalah hal yang wajar bagi gunung yang aktif," tutur Dwijoko.

Ia menjelaskan, pemberitaan aktivitas Gunung Bromo yang berlebihan mempengaruhi sektor perekonomian warga Suku Tengger yang mencari nafkah dengan menjual jasanya kepada wisatawan. Dan merugikan warga Kabupaten Probolinggo.

"Saya imbau media memberikan pemberitaan yang positif tentang aktivitas Gunung Bromo, sehingga wisatawan tetap berkunjung ke salah satu destinasi wisata andalan Jawa Timur itu," kata dia.

Sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), kata dia, wisatawan tetap diperbolehkan mengunjungi Gunung Bromo dengan radius 1 kilometer dari kawah aktif.

Sementara, Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Hendra Gunawan mengatakan, secara visual Gunung Bromo pada 5 Agustus 2016 terpantau cuaca cerah hingga mendung, angin tenang hingga sedang, suhu udara 9-19 derajat Celcius, dan Gunung Bromo terlihat jelas hingga berkabut.

Asap kawah teramati putih tipis hingga tebal, dengan tekanan lemah hingga sedang, ketinggian asap berkisar 50-600 meter dari puncak kawah yang mengarah ke arah tenggara-barat daya.

"Masih terdengar suara gemuruh lemah hingga kuat, bahkan suara gemuruh tersebut menggetarkan pintu-pintu dan kaca di Pos Pengamatan Gunung Api Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo," kata dia.

Data seismik pada 4 Agustus 2016 mencatat gempa tremor terus-menerus dengan amplitudo maksimum 0.5 milimeter hingga 14 milimeter, dengan amplitudo dominan 2 milimeter, dan satu kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo maksimum 16 milimeter dan lama gempa 12 detik.

"Gunung Bromo masih tetap pada level II atau waspada, sehingga rekomendasinya masyarakat dan wisatawan tidak boleh beraktivitas dalam radius 1 kilometer karena jarak tersebut merupakan jarak aman," tutur Dwijoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini