Sukses

3 Jalur Alternatif dari Yogyakarta ke Jawa Timur

Pemudik diimbau mengambil jalur alternatif dari Yogyakarta ke arah Jawa Timur guna menghindari macet.

Liputan6.com, Yogyakarta - Arus mudik Lebaran 2016 dari arah Jakarta ke daerah-daerah di sisi timurnya mencapai puncak hari-hari ini. Kemacetan tak terhindarkan di lintas mudik dari Jakarta sampai Jawa Timur. Bagi pemudik yang melintas Kota Yogya dapat mengambil jalur selatan Yogyakarta.

Kasatlantas Polres Bantul AKP M Faizal Pratama mengatakan arus lalu lintas di sisi selatan Yogyakarta sudah mulai meningkat. Pihaknya melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan. Peningkatan pengguna jalan dari arah barat terjadi sejak Sabtu, 2 Juli 2016.

"Sebagian besar pemudik berasal dari Bandung, dan Jabodetabek. Mereka masuk lewat Srandakan sudah mulai ada peningkatan namun belum signifikan," kata dia, Minggu (3/7/2016).

Untuk memperlancar arus mudik pihaknya memasang barikade jalan. Barikade jalan menggunakan road barrier ataupun pemasangan tali. Pemasangan itu dilakukan di Jalan Yogya-Wonosari tepatnya di simpang empat yang diutamakan lalu lintas untuk Jalur dari arah barat maupun timur, yakni arah menuju ke Yogya atau menuju Wonosari. Hal yang sama akan dilakukan di Jalan Parangtritis.

"Kita juga mendirikan lima pos pengamanan yang ada di Ketandan, Piyungan, Sedayu, Srandakan dan Kretek, serta satu pos pelayanan di Gabusan" ucap Faizal.

Faizal memprediksi kepadatan arus mudik 2016 di Bantul terjadi mulai H-3 lebaran. Namun khusus Jalan Parangtritis kepadatan kendaraan akan terjadi saat waktu liburan yang diprediksi mulai H+2 Lebaran.

Pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif di wilayah Bantul bagi pemudik. Ada tiga jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik melalui Brosot Kulonprogo-Jembatan Srandakan-pasar Mangiran-Simpang 3 Jodog-Simpang 3 Kadirojo-Simpang 4 Palbapang-S4 Tajeman-S4 Kweden-S4 Bakulan-S3 Barongan-S3 Ngetal-Siluk- Selopamioro-keluar Bantul menuju Gunungkidul arah Jawa Timur.

Alternatif 2 yakni masuk dari ring road selatan Simpang 4 Druwo Parangtritis-Simpang 3 Tembi-Pasar Seni Gabusan-Simpang 4 Manding-S4 Bakulan-Simpang 4 Ngangkruksari- Parangtritis-keluar Bantul menuju ke Gunungkidul atau ke arah Jawa Timur.

"Alternatif 3 yakni masuk melalui Terminal Giwangan-Simpang 4 G Wulung-Simpang 4 Jejeran-Jembatan Karang Semut-Simpang 3 Imogiri-Jembatan Siluk- Selopamioro-Gunungkidul/Jawa Timur," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.