Sukses

Peminat Angkut Kendaraan Mudik Gratis Tujuan Kota Ini Melonjak

Jumlah sepeda motor pemudik yang diangkut dengan puluhan truk melonjak hingga 300 persen.

Liputan6.com, Solo - Ribuan sepeda motor peserta mudik kendaraan gratis yang digelar Kementerian Perhubungan sudah tiba di Solo, Jawa Tengah. Program mudik kendaraan gratis itu kian diminati para pemudik. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah sepeda motor yang diangkut dengan puluhan truk melonjak hingga 300 persen.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu 2 Juli 2017, sejumlah petugas terlihat menurunkan kendaraan bermotor dari bak truk yang mengangkutnya dari Jakarta. Iring-ringan truk yang mengangkut ribuan kendaraan bermotor milik pemudik itu tiba di Terminal Tirtonadi, Solo, sejak Jumat hingga Sabtu, 2 Juli 2016.

Selanjutnya, motor yang telah diturunkan dari truk langsung ditata berbaris rapi di sebelah kawasan Terminal Tirtonadi. Pemilihan terminal menjadi lokasi penurunan karena area tersebut mampu menampung jumlah kendaraan motor yang cukup banyak.

Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat‎ mengatakan untuk tahun ini penurunan mudik gratis kendaraan bermotor dilikakukan di Terminal Tirtonadi. Padahal tahun-tahun sebelumnya titik penurunan selalu dilakukan di halaman Kantor Dishubkominfo Solo.

"Kita pilih terminal karena tempatnya luas. Terlebih jumlah mudik kendaraan gratis yang digelar Kemenhub pada tahun ini mengalami lonjakan 300 persen dibandingkan tahun lalu dengan jumlah mencapai 1.400 unit kendaraan bermotor‎," ucap Herman di Solo, Sabtu, 2 Juli 2016.

Jumlah truk yang mengangkut 1.400 unit motor tersebut, menurut dia, mencapai 28 armada truk. Truk pengangkut mudik kendaraan gratis itu diberangkatkan dari Jakarta sejak Kamis lalu yang dilakukan secara bergelombang.

Sepeda motor para pemudik yang telah diturunkan dari truk langsung ditata berbaris rapi di sebelah kawasan Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Puluhan truk pengangkut sepeda motor itu mulai berdatangan di Tirtonadi sejak Jumat hingga Sabtu 2 Juli 2016.‎ Sedangkan pemilik sepeda motornya akan menyusul kedatangannya dengan diangkut menggunakan bus mudik gratis.

"Untuk truk yang mengangkut motor milik pemudik akan tiba di Solo pada Jumat dan Sabtu ini. Setelah itu disusul kedatangan pemilik motornya yang diangkut bus kemungkinan pada hari Minggu besok," ujar dia.

Setibanya di Solo, kata Herman, para pemudik langsung mengambil kendaraan bermotornya yang tiba lebih dahulu. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke masing-masing daerah asal.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, mudik seperti ini sangat diminati para pemudik tujuan daerah di sekitar Solo hingga Jawa Timur.

"Mudik kendaraan gratis ini sangat diminati oleh pemudik yang akan pulang ke Solo, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Purwodadi, Blora. Bahkan, pemudik tujuan Ngawi, Magetan dan lainnya banyak yang memilih turun Solo untuk melanjutkan perjalanan dengan motornya," Herman menjelaskan.

Dengan program mudik gratis kendaraan bermotor serta pemiliknya, dikatakan dia sangat efektif untuk mengurangi jumlah kecelakaan di jalan raya selama arus mudik. Untuk itu, dari tahun-ke tahun jumlah peminat mudik yang dilakukan Kemenhub meningkat terus.

"Ini jelas diminati karena pemudik tidak perlu repot-repot naik motor dari Jakarta ke Solo. Mereka tinggal naik bus yang telah disediakan secara gratis dan motornya juga diangkut gratis," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.