Sukses

Ingin Bertelur, Penyu-penyu Mulai Datangi Pesisir Selatan Yogya

Musim bertelurnya penyu ini akan berlangsung sampai akhir tahun mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepekan penyu-penyu mendatangi pesisir selatan Yogyakarta. Di tepi Samudera Hindia itu mereka bertelur.

"Sudah seminggu lebih mulai ada pendaratan penyu yang akan bertelur. Kami sudah menemukan dua sarang. Satu sarang isinya 95 telur dan di sarang lain 110 telur," kata relawan konservasi penyu Pantai Goa Cemara, Bantul, Subagya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/5/2016).

Telur-telur penyu tersebut kemudian dipindahkan ke tempat konservasi di kawasan Pantai Goa Cemara agar lebih mudah dipantau hingga mereka menetas. "Diperkirakan 50 hari ke depan baru menetas menjadi tukik," ujar Subagya.

Dia menuturkan, musim pendaratan penyu ini akan berlangsung sampai akhir tahun mendatang.

"Kami berharap jumlah sarang dan jumlah telur penyu bisa meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang temuannya tidak sampai sepuluh sarang. Padahal, tahun-tahun sebelumnya bisa sampai 13-28 sarang," sambung dia.

Subagya menduga, kondisi pantai yang mengalami abrasi berpengaruh pada jumlah sarang dan telur penyu yang ditemukan.

"Kecuramannya sekitar 45 derajat. Tidak merata kondisinya, ada yang masih rata," kata dia.

Abrasinya pantai selatan di Bantul, lanjut Subagya, memang sudah hampir merata. Kondisi yang sama juga terjadi pada jarak sekitar 2,5 kilometer ke barat dari Pantai Goa Cemara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.