Sukses

Inilah 17 Wali Kota dan Bupati Baru di Jawa Tengah

Liputan6.com, Semarang - Sebanyak 17 kepala daerah baik bupati maupun walikota hasil pilkada serentak di Jawa Tengah akan dilantik secara serentak di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Semarang, Rabu (17/2) besok.

Sebenarnya ada 21 daerah yang sudah mempunyai kepala daerah terpilih, namun ada 4 kabupaten yang bupatinya akan dilantik setelah Februari 2016 terkait dengan akhir masa jabatan.

"Masa jabatan Bupati Grobogan berakhir pada 14 Maret 2016, Bupati Demak 3 Mei 2016, Bupati Sragen 4 Mei 2016, dan Bupati Pekalongan 27 Juni 2016," jelas Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jateng, Sinoeng Rachmadi, di Semarang, Selasa (16/2/2016)..

Ke-17 kepala daerah terpilih yang akan dilantik adalah Hadi Rudyatmo-Purnomo (Kota Surakarta), Agus Bastian-Yuli Hastuti (Kabupaten Purworejo), Tasdi-Dyah Hayuning Pratiwi (Kabupaten Purbalingga), Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz (Kabupaten Kebumen), Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto (Kabupaten Rembang).

Djoko Nugroho-Arief Rohman (Kabupaten Blora), Eko Purnomo-Agus Subagyo (Kabupaten Wonosobo), Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryati Rahayu (Kota Semarang), Seno Samodro-Muhammad Said Hidayat (Kabupaten Boyolali), Mundjirin-Ngesti Nugroho (Kabupaten Semarang), Joko Sutopo-Edy Santosa (Kabupaten Wonogiri). 

Junaedi-Martono (Kabupaten Pemalang), MirnaAnnisa-MasrurMasykur (Kabupaten Kendal), AlfArslanDjunaid-MochSaelanyMachfudz (Kota Pekalongan), Wardoyo Wijaya-Purwadi (Kabupaten Sukoharjo), Srihartini-Srimulyani (Kabupaten Klaten), dan SigitWidyonindito-WindartiAgustina (Kota Magelang).

 



Pesta Rakyat

Sinoeng menambahkan bahwa pelantikan kepala daerah tersebut berkonsep pesta rakyat. Perwakilan warga dari 17 kabupaten/kota yang hadir pada pesta rakyat tersebut dapat menikmati berbagai makanan khas dari masing-masing daerah secara gratis.

"Konsep pesta rakyat yang diusung pada pelantikan kota dan wakilnya bertujuan agar rakyat dapat ikut merasakan kemenangan pemimpin yang sudah mereka pilih," kata dia.

Terkait dengan pelaksanaan pelantikan 17 kepala daerah itu, arus lalu lintas di kawasan Simpang Lima Semarang akan ditutup mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Penutupan itu mulai dilakukan esok hari jam 08.00 sampai 12.00. Lalu lintas akan dialihkan ke ruas jalan lain dan diperkirakan akan terjadi penumpukan di ruas jalan sekitar Simpang Lima.

Bagi pengguna jalan, lalu lintas akan dialihkan di Jalan Sriwijaya-Veteran dan juga Mayjen Sutoyo (kawasan Kampung kali). Kantong parkir juga sudah disiapkan di halaman Stasiun Diponegoro dan lapangan Tri Lomba Juang (Mugas) Semarang.

Kantong parkir tersebut diperuntukan bagi warga yang bersedia hadir dalam pelantikan karena diadakan juga pesta rakyat. Shuttle Bus juga disiapkan dan siap mengangkut warga dari kantong parkir menuju Simpang Lima.