Sukses

Jelang Imlek, 20 Ribu Turis Cina Serbu Manado

Tahun sebelumnya, ada sejumlah keluhan dari para turis. Terutama dari segi infrastruktur, seperti kurang terurusnya fasilitas toilet.

Liputan6.com, Manado - Setiap tahunnya, Manado menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk menyaksikan berbagai kegiatan mulai dari ritual hingga kemeriahan Imlek.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sulawesi Utara (Sulut) Happy Korah mengungkapkan untuk tahun 2016 ini tak kurang dari 15 ribu turis asal Cina bakal berkunjung ke kota Manado.

"Ada sekitar 30 penerbangan dari Cina. Dimana ada sekitar 15 ribu hingga 20 ribu turis yang datang ke Manado," ujar Happy, Selasa (26/01/2016).

Sementara, Kepala Disparbud Kota Manado Hendrik Waroka mengatakan, untuk menyambut para turis datang, infrastruktur Sulut juga harus disiapkan.

Apalagi, kata dia, tahun sebelumnya, ada sejumlah keluhan dari para turis. Terutama dari segi infrastruktur, seperti kurang terurusnya toilet di sejumlah tempat. "Ini yang kita benahi," tandas dia.

Sedangkan terkait ketersediaan kamar hotel, menurut Sekretaris Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulut, Frankie Najoan, di Sulut ada sekitar 30 hotel berbintang dan memiliki 2.389 kamar. Sedangkan hotel melati ada 269 dengan jumlah kamar 3741.

"Artinya kalau ribuan turis ini datang secara bergelombang, tentu kita masih memiliki kapasitas kamar hotel yang memadai," kata Frankie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.