Sukses

Tahun Baru di Semarang? Cek Titik Kemacetan Kota Lumpia

Arus kendaraan dari selatan atau Yogyakarta akan dialihkan ke Jalan Gombel Lama.

Liputan6.com, Semarang - Malam pergantian tahun identik dengan kemacetan lalu lintas di sejumlah kota besar. Di Semarang, meskipun acara puncak pergantian tahun sudah digeser ke beberapa lokasi, diperkirakan di Simpanglima Semarang sebagai pusat kota akan terjadi kemacetan.

Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang akan menggelar rekayasa lalu lintas sejak sore hari. Sejumlah titik arus lalu lintas akan dialihkan karena menjadi pusat berkumpulnya warga.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan puncak perayaan malam pergantian tahun akan digelar di titik nol kilometer. Pusat perayaan yang digelar Pemkot Semarang itu berada tidak jauh dari kantor Pos Besar Semarang atau kota lama, sehingga seluruh akses menuju lokasi itu akan dialihkan.

"Akan ditutup jalannya mulai pukul 17.00 sampai 02.00," kata Catur, Semarang, Kamis (31/12/2015).

Sementara wilayah Semarang bagian atas, pengalihan dilakukan pada akses menuju Taman Tabanas di Gombel. Dimulai pukul 18.00 WIB, Jalan Gombel Baru atau arah Semarang-Yogyakarta akan dibuat 3 lajur.

Nantinya, 1 lajur untuk perayaan Tahun Baru dan 2 lajur untuk sepeda motor. Sedangkan kendaraan dari selatan atau Yogyakarta akan dialihkan ke Jalan Gombel Lama.


"Untuk kendaraan roda 4 yang akan naik dari Jatingaleh (menuju Selatan atau Yogyakarta) akan langsung dialihkan ke tol," kata Catur.

Malam pergantian tahun dengan pesta kembang api rencananya juga akan digelar di kawasan Pantai Marina. Karena cukup jauh dari jalan protokol dan pusat kota, tidak ada pengalihan arus lalu lintas, tetapi polisi akan mengamankan.

"Karena tiap tahun akses ke sana selalu meningkat dan dipadati warga," kata Catur.

Sedangkan di kawasan Simpang Lima Semarang, di kawasan ini meskipun tidak ada acara resmi pada malam pergantian tahun, diperkirakan tetap menjadi tujuan warga Semarang. Karena itu, polisi berupaya mengalihkan arus lalu lintas.

"Tak ada acara, tapi kami yakin masih banyak warga yang berkumpul di sana untuk merayakan tahun baru. Selain itu, di sana ada banyak pusat perbelanjaan dan hotel," Catur menjelaskan.

Rekayasa dilakukan dengan menutup seluruh akses menuju Simpang Lima, yaitu ujung Jalan Pahlawan, Perempatan Manggala Jalan Gajahmada, traffic light Jalan Ahmad Yani, dan KFC Pandanaran. Pengendara akan dialihkan ke Jalan Veteran dan Jalan Sriwijaya.

"Akses Simpang Lima akan kita tutup mulai pukul 18.00 WIB," Catur memungkasi.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini