Sukses

Knalpot Mobil Berasap Sebelum Mudik Lebaran 2022, Ini yang Bisa Dilakukan

Sebelum mudik Lebaran 2022, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kendaraan. Salah satu cara untuk mendeteksi kerusakan pada mesin adalah melihat asap yang dihasilkan oleh knalpot. Beragam faktor bisa memicu timbulnya asap yang tidak normal, seperti kerusakan sistem PCV (positive crankcase ventilation), kebocoran oli, atau seal katup aus.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum mudik Lebaran 2022, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kendaraan. Salah satu cara untuk mendeteksi kerusakan pada mesin adalah melihat asap yang dihasilkan oleh knalpot. Beragam faktor bisa memicu timbulnya asap yang tidak normal, seperti kerusakan sistem PCV (positive crankcase ventilation), kebocoran oli, atau seal katup aus.

Namun, Otolovers tidak perlu khawatir karena beberapa masalah di atas dapat diatasi dengan beberapa cara. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah cara mengatasi asap putih yang keluar dari mobil.

Melepas Saluran PCV

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melepas saluran PCV yang ada di dekat saluran udara setelah bagian filter.

Jika ditemui oli yang menetes, kemungkinan besar terjadi kebocoran akibat kerusakan separator. Pastikan dengan melepas saluran udara. Cek apakah ada jejak oli di bagian permukaan dalam saluran.

Mengganti Saluran PCV

Saat Otolovers menemui tetesan oli dalam saluran udara, maka sebaiknya mengganti satu set saluran PCV, dari selang hingga separator.

Mengecek Turbocharger

Ketika Otolovers tidak menemui masalah pada bagian saluran PCV, sebaiknya mengecek bagian turbo. Nyalakan mesin dan dengarkan suara dari turbo. Jika terdengar suara yang tidak biasa, kemungkinan masalah berasal dari sana. 

Melepas Selang Udara

Cara selanjutnya adalah dengan melepas saluran udara output dari turbo. Lihat dengan teliti apakah ada ceceran oli mesin atau tidak. Jika ada, sebaiknya segera perbaiki kerusakan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Seal Klep

Kemudian periksa seal klep. Tetapi lepas terlebih dahulu intake manifold dan lihat lubang intake. Jika terlihat kerak oli, berarti inilah faktor dari asap putih dari knalpot mobil. Kalian bisa mengganti seal katup untuk menyelesaikan masalah ini.

Cek Tekanan Kompresi MesinCara terakhir adalah dengan mengecek tekanan kompresi mesin. ketika mengecek tekanan kompresi mesin, maka kalian bisa menemukan sumber permasalahannya. Jika kompresi mesin terlalu rendah, bisa ada masalah di bagian piston atau silinder.

Demikian, cara mengatasi saat mobil mengeluarkan asap putih. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.