Sukses

Quraish Shihab: Bakti Anak ke Orangtua, Memberi Lebih dari Apa yang Mesti Diberi

Menurut Quraish Shihab, rasa bakti yang ditunjukkan anak kepada orangtua, tidak cukup dilakukan dari jauh, tapi juga berusahalah dilakukan dari dekat.

Liputan6.com, Jakarta Cendekiawan muslim Quraish Shihab menjelaskan seperti apa bentuk rasa bakti seorang anak terhadap kedua orangtuanya. 

Dalam konteks akhlak, yakni kepada bapak dan ibu, Allah meletakkannya setelah menegaskan tentang kewajiban untuk berbakti kepada Allah SWT.

Allah menetapkan bahwa,"Jangan beribadah kecuali mengabdi kepada Allah dan hendaklah terhadap ibu, bapak kalian, kamu semua berbakti," ungkap Quraish Shihab. 

Dari ayat ini, berbakti artinya adalah memberi lebih banyak dari apa yang meski kita beri dan menuntut lebih sedikit dari apa yang wajar kita tuntut. 

"Isi dari ayat ini mengisyaratkan bahwa hendaknya bakti itu diberikan dalam keadaan yang berkaitan dengan kedua orangtua kita," lanjut Quraish Shihab.

Menurut dia, rasa bakti yang ditunjukkan anak kepada orangtua, tidak cukup dilakukan dari jauh. Tapi berusahalah dilakukan dari dekat.

"Kalaupun tidak dapat dengan fisik, maka lakukan dengan jiwa kepada orangtua kita," tuturnya lagi. 

"Jangan juga berbakti kepada orangtua hanya berkewajiban jika mereka beragama Islam, tidak. Walaupun mereka tidak beragama Islam," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.