Sukses

10 Cara Tetap Bugar Saat Libur Lebaran, Perhatikan Pola Makan

Cara tetap bugar saat libur Lebaran ini agar terhindar dari gangguan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Cara tetap bugar saat libur lebaran bisa Anda lakukan, mengingat momen libur lebaran tersebut terkadang justru membuat tubuh Anda tidak sebugar pada hari-hari biasa. Banyak hal yang membuat tubuh menjadi tidak bugar, seperti kenaikan berat badan salah satunya.

Padahal, apabila Anda mengikuti beberapa cara tetap bugar saat libur lebaran ini, akan membantu Anda tetap mencapai tujuan dari berbagai program diet dan olahraga yang dilakukan. Itulah mengapa cara tetap bugar saat libur lebaran penting untuk simak.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari mengikuti cara tetap bugar saat libur lebaran ini, yang sangat dibutuhkan yaitu niat dan disiplin yang kuat. Karena tanpa kedua hal tersebut, hasil dari cara tetap bugar saat libur lebaran yang dilakukan tersebut hanya akan sia-sia.

Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai cara tetap bugar saat libur lebaran tersebut, dibawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja cara tetap bugar saat libur lebaran yang tidak ada salahnya untuk Anda coba, Jumat (8/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tentukan Tujuan dan Atur Pola Makan

1. Tentukan tujuan Anda

Hal ini berguna untuk menuntun Anda tetap fokus dalam mencapai tujuan dari diet dan olahraga yang Anda lakukan. Contohnya, jika Anda melakukan diet untuk penurunan berat badan, maka Anda harus menjadikan target penurunan berat badan tersebut sebagai tujuan utama Anda. Karena, secara tidak langsung, hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih disiplin untuk menjalankan beberapa tips yang ada pada poin-poin selanjutnya di bawah ini.

 

2. Atur pola makan

Hari raya selalu identik dengan berbagai jenis makanan yang sangat nikmat dan beraneka ragam. Selain itu, beberapa dari jenis makanan tersebut biasanya hanya dapat ditemui pada hari raya tersebut saja. Terkadang, kita merasa ‘sayang’ apabila kesempatan untuk menikmati berbagai jenis hidangan tersebut dilewatkan.

Apabila kita terlanjur memiliki cara pikir ‘sayang’ jika kesempatan tersebut dilewatkan, maka bukan tidak mungkin jika Anda berpotensi mengonsumsi makanan tersebut dengan tidak teratur dan berlebihan. Padahal, jenis makanan khas saat lebaran tersebut sangat identik dengan kalori yang tinggi.

Oleh karena itu, sebelum memasuki hari libur lebaran, ada baiknya Anda mengatur mengenai pola makan. Karena dengan begitu, akan membuat Anda secara otomatis membatasi konsumsi makanan khas lebaran tersebut.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Jenis Makanan dan Jangan Lupa Minum Air Putih

3. Perhatikan jenis makanan

Setelah merencanakan pola makan saat libur lebaran, maka Anda juga perlu menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Sebisa mungkin untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula dan lemak rendah.

Namun, apabila tidak memungkinkan untuk mendapatkan bahan makanan yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah, maka Anda bisa dengan mengonsumsi makanan yang tersedia, namun dengan jumlah yang minimal pastinya.

 

4. Jangan lupa minum air putih

Salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan saat lebaran, yaitu bersilaturahmi ke kerabat dan sanak saudara. Dan biasanya, kita akan disuguhkan dengan berbagai jenis minuman yang memiliki rasa manis. Bayangkan saja jika dalam satu hari Anda berkunjung ke lebih dari tiga atau empat keluarga, selain menjadikan Anda terlalu banyak konsumsi minuman manis, Anda bisa saja larut dalam euphoria kebahagiaan lebaran hingga lupa untuk mencukupi kebutuhan akan air putih.

Padahal, air putih merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Maka, ada baiknya Anda untuk selalu mengonsumsi air putih saat libur lebaran. Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat membuat Anda kenyang lebih cepat, dan akan menekan asupan makanan Anda.

4 dari 6 halaman

Jangan Terlalu Lama Duduk dan Kelola Stres

5. Jangan terlalu lama duduk

Memang saat libur lebaran bisa dijadikan sebuah kesempatan untuk bersantai. Namun, jangan sampai Anda terus menjadi malas-malasan dan hanya bermain gawai sembari duduk di kursi. Tentu hal ini justru akan membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat. Maka dari itu, usahakan jangan duduk terlalu lama dan lakukan aktivitas fisik walaupun hanya sedikit.

 

6. Kelola stres

Saat liburan, Anda bisa memanfaatkannya untuk menurunkan stres selama hari kerja. Dan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang cenderung menurunkan stres. Anda dapat mencoba yoga, karena selain dapat menurunkan stres, gerakan dari yoga juga cukup membakar kalori Anda.

Dengan mengelola stres Anda, maka hormon kortisol pada tubuh akan meningkat. Peningkatan hormon ini akan mempengaruhi produksi insulin pada tubuh Anda, dimana hal tersebut akan berpengaruh juga pada proses pembakaran lemak Anda.

5 dari 6 halaman

Agendakan Kegiatan Olahraga dan Variasikan Jenis Olahraga

7. Agendakan kegiatan olahraga

Walaupun liburan bukan berarti Anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan olahraga. Saat liburan hendaknya Anda tetap membuat agenda untuk berolahraga. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap dalam kondisi yang sehat. Selain itu, dengan berolahraga Anda akan turut menurunkan jumlah lemak pada tubuh.

 

8. Variasikan jenis olahraga

Setelah Anda membuat agenda untuk berolahraga, maka Anda juga perlu membuat variasi dari jenis olahraga yang dilakukan. Hal ini untuk menghindari Anda menjadi bosan dalam melaksanakan kegiatan olahraga. Anda bisa mencoba beberapa kegiatan olahraga yang mengharuskan Anda keluar rumah, seperti bersepeda atau jalan-jalan pagi.

6 dari 6 halaman

Cari Partner dan Tidur Malam Cukup

9. Cari partner

Hal ini sangat dibutuhkan mengingat sifat umum manusia yang mudah menjadi tidak fokus terhadap suatu tujuan. Dengan mendapatkan partner yang tepat, maka Anda bisa tetap konsisten dalam menjalani seluruh agenda diatas. Dengan adanya partner juga akan membuat Anda lebih semangat saat menjalankan aktivitas seperti olahraga. Partner ini bisa dari orang terdekat yang menurut Anda mampu untuk menjadi pemacu dalam meraih tujuan yang telah ditentukan, atau partner yang kira-kira memiliki tujuan yang sama.

 

10. Tidur malam cukup

Meski liburan, bukan berarti Anda bebas untuk begadang, karena begadang merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Oleh karena itu, selalu jaga pola tidur Anda dan cukupi kebutuhan tidur Anda.

Nah, itu tadi beberapa cara tetap bugar saat libur lebaran yang tidak ada salahnya untuk Anda coba. Semoga berhasil ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini