Sukses

7 Manfaat Buka Puasa dengan Air Kelapa, Tidak Hanya Menyegarkan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buka puasa dengan air kelapa sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya menyegarkan, air kelapa muda juga bisa menunjang kelancaran ibadah puasa yang kamu jalani. Tidak heran air kelapa menjadi salah satu minuman berbuka puasa yang cukup digemari.

Tubuh akan segar kembali saat kamu mengawali berbuka dengan air kelapa. Apalagi, buah satu ini tidak begitu sulit ditemukan, tidak ada salahnya kamu mengonsumsinya secara teratur saat berbuka.

Manfaat buka puasa dengan air kelapa dipengaruhi oleh kandungan yang syarat akan gizi. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat buka puasa dengan air kelapa dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa dengan Air Kelapa

Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Manfaat buka puasa dengan air kelapa yang pertama adalah untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi.Penting sekali untuk mengonsumsi cairan yang bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang selama berpuasa.

Dengan menggantinya secara tepat, tubuh akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, misalnya kulit kering, badan lemas, serta keluhan tekanan darah rendah. Air kelapa sama baiknya dengan air putih dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama puasa.

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat–obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal. Hal ini tentu sangat membantu untuk kamu yang sedang menjalankan program diet di bulan puasa ini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa dengan Air Kelapa

Mengembalikan Energi Tubuh

Manfaat buka puasa dengan air kelapa berikutnya adalah dapat mengembalikan energi tubuh dengan sangat baik. Air kelapa terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami di dalamnya. Dengan kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tubuh akan terasa lebih berenergi.

Hal ini akan membuat kamu mampu untuk melakukan ibadah Ramadan dengan tubuh lebih sehat. Manfaat buka puasa dengan air kelapa satu ini bisa dijadikan alternative penggani minuman berenergi yang lebih sehat.

Menetralisir Racun di Tubuh

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda juga dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa dengan Air Kelapa

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Mengatasi berbagai keluhan pecernaan juga merupakan salah satu manfaat buka puasa dengan aiar kelapa. Hal ini tentu kabar baik bagi orang-ornag yang sering mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buka Puasa dengan Air Kelapa untuk Kecantikan

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda tidak hanya bagi kesehatan, namun juga bagi kecantikan. Salah satunya adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Jika kamu ingin awet muda, minum air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.

Menghidrasi Kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh kamu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat buka puasa dengan air kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, saat puasa tentu kamu tidak bisa memenuhi asupan cairan di kala siang hari, dan harus memenuhinya saat berbuka dan sahur.

Selain minum banyak air putih, kamu pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit. Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.