Sukses

Quraish Shihab: Nabi Berpesan Tinggalkan yang Meragukan

Quraish Shihab mengibaratkan cahaya ini sebagai tuntunan Allah.

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab mengingatkan, jangan sampai kita keliru dengan cahaya yang ada di dunia. Karena, ada cahaya yang terlihat seperti cahaya sungguhan tetapi nyatanya buatan manusia, itu contohnya adalah lampu listrik.

"Dan jangan lupa ada terang yang diduga cahaya, padahal itu bukan cahaya, seperti yang nampak sebelum fajar menyingsing," ucap Quraish.

Kemudian, lanjut dia, ada pula cahaya yang bisa kita lihat dan tidak. Quraish mengibaratkan cahaya ini sebagai tuntunan Allah.

"Bila telah ada tuntunan Allah yang pasti, maka tak perlu lagi anda mencari tuntunan yang lain," ujar Quraish.

Quraish mengingatkan, ada tuntunan agama yang jelas, sehingga dapat terjangkau dengan mudah oleh nalar. Namun, ada juga yang tidak demikian, tidak ubahnya dengan sinar x.

"Nabi berpesan tinggalkan yang meragukan menuju yang tidak meragukan karena kebenaran adalah yang menenangkan hati dan kebohongan adalah yang meragukannya dan keyakinan tidak dibatalkan oleh keraguan," tandas Quraish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.