Sukses

5 Manfaat Air Rendaman Kurma yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Buah kurma sudah menjadi menu sajian khas saat di bulan Ramadan. Juga bukan rahasia lagi, kalau buah kurma ini menjadi makanan favorit Rasulullah untuk berbuka dan sahur. Kurma juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, selain buahnya yang dikonsumsi secara langsung, ternyata sejak zaman dahulu kala Rasulullah juga sudah rutin minum air rendaman kurma.

Air rendaman kurma ini pada dasarnya memiliki prinsip yang mirip dengan infused water yang kekinian itu. Hanya saja, infused water yang satu ini tidak menggunakan buah-buahan melainkan cukup menggunakan kurma dengan kualitas baik. Nah, kalau kamu mengonsumsi air rendaman kurma ini secara rutin, maka kamu akan mendapatkan segudan manfaat istimewa.

Apa saja manfaat dari air rendaman kurma ini? Berikut ini Liputan6.com, Selasa (14/5/2019) telah merangkum beberapa manfaat air rendaman kurma. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini manfaat istimewanya.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Air Rendaman Kurma

Untuk membuat air rendaman kurma ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kurma dan segelas air matang. Kurma yang digunakan disarankan berjumlah ganjil. Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi air matang dan tutup rapat.

Air rendaman kurma atau yang biasa disebut air nabeez ini memiliki khasiat untuk menambah energi saat berpuasa. Kamu bisa membuat air rendaman kurma ini dengan mendiamkan kurma ke dalam air matang selama 8–12 jam dan bisa meminumnya di saat sahur dan buka puasa.

3 dari 5 halaman

Cara Mengonsumsi Air Rendaman Kurma

Air rendaman kurma ini bisa bertaham di lemari es selama 1–2 hari dan tidak boleh dikonsumsi lagi setelah melebihi 3 hari. Soalnya, air rendaman kurma yang berusia lebih dari tiga hari telah mengalami proses fermentasi yang menjadikan rendaman kurma berubah menjadi arak, sehingga haram untuk dikonsumsi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Air Rendaman Air Kurma

Menstabilkan Tekanan Darah

Air rendaman kurma ini juga kaya akan kandungan kalium. Sehingga bisa bantu untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Soalnya, kalau tubuh kamu kekurangan kalium, maka tubuh bisa mudah lelah. Jadi air rendaman kurma ini sangat dianjurkan atau baik untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Air rendaman kurma ini merupakan minuman beralkali. Maksudnya adalah, bahwa minuman ini bisa membantu kamu dalam menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Sangat baik untuk membantu proses detosifikasi tubuh dengan membuat racun-racun dari dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan tubuh.

Menghilangkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Pada air rendaman kurma juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga ampuh untuk mengatasi persoalan sembelit. Air rendaman kurma ini juga diyakini bisa bantu kamu untuk menghilangkan kolesterol jahat di dalam tubuh serta bisa meningkatkan ketajaman pikiran.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Rendaman Air Kurma

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lagi-lagi, kandungan yang terdapat di dalam air rendaman ini sangat beragam. Air rendaman kurma ini juga mengandung zat besi. Fungsi zat besi untuk tubuh adalah untuk membantu menjaga kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin, dan sel darah merah, juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, kalau kamu rutin meminum air rendaman kurma ini akan bantu kamu untuk terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Air rendaman kurma ini juga baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Kurma memiliki kandungan yang dipercaya bisa bantu untuk memperkuat otot-otot rahim. Nutrisi dalam kurma juga baik untuk memeprkaya kualitas ASI. Jadi, para ibu menyususi juga dianjurkan untuk mengonsumsi air rendaman kurma ini selama bulan puasa.

Loading
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur
Artikel Selanjutnya
LRT Jakarta Targetkan Angkut 14 Ribu Penumpang Setiap Hari