Sukses

5 Penyakit yang Sering Dialami Selama Puasa, Bisa Mengganggu Aktivitas

Penyakit yang sering dialami selama puasa bisa menyerang kapan saja.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang sering dialami selama puasa ternyata beragam. Penyakit tidak jarang menyerangmu saat melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal yang harusnya dilakukan pada bulan puasa ini seperti sahur, malah disepelekan dan tidak dilakukan.

Apalagi ditambah dengan pengaturan pola tidur yang buruk, maka penyakit akan semakin mudah menyerang di bulan puasa ini. Dengan seharian tidak mengonsumsi makanan maupun minuman tubuh akan menjadi rentan terserang virus dan bakteri bila tidak mengatur pola makan dan istirahat secara teratur.

Penyakit yang sering dialami selama puasa bisa menyerang kapan saja. Penyakit-penyakit tersebut memiliki berbagai macam penyebab dan tentunya dapat menganggu aktivitas kamu selama menjalankan ibadah puasa.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang penyakit yang sering dialami selama puasa dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyakit yang Sering Dialami Selama Puasa

1. Asam lambung naik

Asam lambung naik mungkin menjadi penyakit yang sering dialami selama puasa. Biasanya keadaan ini dipicu karena perut kosong dan menyebabkan asam lambung naik. Dari sinilah kamu akan menyadari betapa pentingnya makan sahur.

Asam lambung akan bertambah parah bila kamu tidak menyempatkan waktu untuk makan sahur. Atau kamu juga bisa terserang asam lambung bila setelah makan sahur langsung tidur.

Hal ini biasanya bisa ditandai dengan perut terasa mulas dan mual. Jadi kamu harus melaksanakan makan sahur untuk mengatasinya. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari makanan yang pedas serta asam baik saat sahur maupun saat berbuka puasa.

Asam lambung naik juga bisa disebabkan oleh makan terlalu banyak saat berbuka. Banyak orang yang langsung habis-habisan makan saat waktu berbuka karena seharian sudah menahan lapar.

Padahal hal tersebut sangatlah tidak baik dengan menyebabkan asam lambung naik. Cobalah untuk makan sedikit demi sedikit sehingga perut akan terasa nyaman dan ibadah puasa Ramadan kamu menjadi lebih lancar.

2. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan masalah kesehatan yang sangat sering terjadi pada bulan Ramadan. Walaupun sebenarnya kurang tepat disebut sebagai penyakit, namun dehidrasi memang menjadi masalah kesehatan yang menjadi keluhan banyak orang di bulan puasa.

Dehidrasi bisa terjadi karena kekurangan asupan cairan saat berpuasa. Aktivitas dan kegiatan yang padat akan menyebabkan tubuh lebih banyak kehilangan cairan pada bulan puasa ini. Untuk itu, kamu wajib mengatur pola minum air pada malam harinya.

Dehidrasi nantinya dapat menyebabkan mulut kering, pusing, mual, serta kelelahan. Penuhilah asupan cairan kamu selama bulan Ramadan pada waktu berbuka, malam hari, serta ketika sahur. Selain itu, dengan menghindari makanan pedas dan asin juga dapat membuat tubuh tidak cepat diserang dehidrasi.

3 dari 3 halaman

Penyakit yang Sering Dialami Selama Puasa

3. Sakit kepala

Sakit kepala juga merupakan salah satu penyakit yang sering dialami selama puasa. Apalagi penyebab sakit kepala berbeda-beda untuk setiap orangnya. Namun biasanya penyakit ini terjadi karena tubuh yang dehidrasi, pola istirahat yang kurang teratur, serta kelelahan di bulan Ramadan.

Penyebab sakit kepala lebih disebabkan oleh pola tidur atau waktu istirahat yang tidak teratur. Oleh karena itu, kamu diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan tidur pada malam hari dan menyeimbangkannya dengan konsumsi makanan yang bergizi supaya sakit kepala tidak datang menyerang dan menganggu aktivitas di saat berpuasa.

4. Mual

Mual termasuk salah satu penyakit yang sering dialami selama puasa. Lagi-lagi penyakit ini juga merupakan penyakit yang muncul bersamaan dengan penyakit lainnya seperti dehidrasi atau asam lambung naik.

Oleh karena itu, pada saar berbuka kamu dianjurkan untuk minum air putih yang banyak untuk meredakan rasa mual tersebut. Selain itu, makanan-makanan yang mudah dicerna akan sangat baik agar pencernaan terasa lebih nyaman dan lancar.

5. Diare

Penyakit yang sering dialami selama puasa selanjutnya adalah diare. Tentunya saat kamu terkena diare, aktivitas kamu di siang hari saat berpuasa bisa terganggu. Diare biasanya disebabkan oleh pilihan makan yang salah saat berbuka maupun saat sahur.

Makan makanan pedas saat sahur atau berbuka puasa merupakan penyebab utama diare menyerang. Apalagi bila kamu membeli makanan di pinggir jalan yang kurang bersih.

Kamu harus berhati-hati dan usahakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, kamu harus menjaga pilihan makananmu agar tidak terserang diare dan membuat ibadah puasa Ramadan menjadi tidak lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.