Sukses

Quraish Shihab: Memberi Makan yang Berpuasa, dapat Pahala yang Sama Besarnya

Siapa yang memberi buka pada yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa ada tiga tingkat. Tingkat pertama, menurut Pendiri Pusat Studi Alquran M Quraish Shihab adalah puasa roh, yakni dengan membatasi angan-angan palsu.

Kedua, puasa akal dengan membatasi kegiatan nafsu. Ketiga, puasa anggota badan dengan membatasi makan, minum, dan seks.

Pakar tafsir Indonesia ini juga mengajak seluruh umat muslim di Tanah Air untuk mengetuk pintu-pintu ilahi yang telah disiapkan Allah di bulan Ramadan.

Salah satunya dengan membaca dan mempelajari Alquran atau aneka ilmu, berdoa dan beristighfar di waktu fajar, sebelum subuh, dan lain-lain.

Namun, sebelum mengetuk pintu ilahi, bukalah pintu hati kita dengan memaafkan dan toleransi. Jadikanlah bulan Ramadan bulan introspeksi, sekaligus bulan kasih sayang dan uluran tangan kepada yang membutuhkan.

Bagi siapa yang memberi buka pada yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan mereka yang berpuasa. Tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.