Sukses

Wagub DKI: Mau Mudik, Titip Motor Saja di Kelurahan dan Kecamatan

Bagi pemudik yang ingin memanfaatkan penitipan ini, harus melaporkan ke pihak kelurahan dan kecamatan dengan menyebutkan waktu penitipan.

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan lagi, umat Muslim merayakan Hari Raya Idulfitri. Perayaan ini ditandai dengan 'ritual' mudik. Sebagian besar masyarakat yang bermukim di Jakarta akan kembali ke daerah asal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyarankan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat pulang kampung.

Dia mengatakan masyarakat juga tidak perlu khawatir ketika meninggalkan sepeda motornya mudik.  "Sepeda motor terutama itu (boleh dititip) di kantor kelurahan atau kecamatan. Kalau mobil, ini cukup enggak tempat parkirnya. Mobil itu kan orang kaya. Jadi motor saja," ujar Djarot di Balaikota Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Politisi PDIP itu menegaskan tidak akan memungut biaya kepada masyarakat yang memanfaatkan jasa penitipan ini. "Enggak ada biaya (gratis)," tutur Djarot.

Untuk keamanan, sepeda motor yang dititip akan dijaga aparat polisi di kelurahan dan kecamatan serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Bagi pemudik yang ingin memanfaatkan penitipan ini, harus melaporkan ke pihak kelurahan dan kecamatan dengan menyebutkan waktu penitipan. "Nanti biar mereka sendiri (pemudik) mau berapa hari dan dilaporkan," tutur Djarot.

Dia menegaskan jasa itu berlaku di setiap kelurahan dan kecamatan di seluruh DKI Jakarta. Jasa tersebut mulai berlaku H-1 hingga H+2 Lebaran. "Boleh (seluruh DKI) daripada bahaya di rumah. Ini juga menghindari mereka mudik enggak pakai motor. Mulainya H-1 sampai H+2. Itu kan mulai libur," pungkas Djarot. (Bob/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini