Sukses

Kronologi Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Temuan surat suara tercoblos berasal dari Relawan Sekber Satgas BPN Prabowo-Sandiaga (Padi) di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Malaysia, Yaza Azzahara Ulyana mengungkap, kronologis surat suara tercoblos di wilayah tugasnya.

Dia mengaku, temuan tersebut berasal dari Relawan Sekber Satgas BPN Prabowo-Sandiaga (Padi) di Malaysia.

"Pada pukul 12.48 waktu setempat kami menerima aduan dari seorang relawan sekber, satgas BPN Padi Malaysia yang bernama Parlaungan melalui pesan WhatsApp. Bahwa ada dugaan penyeludupan surat suara yang dilakukan oleh oknum tertentu," kata Yaza lewat siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Menindaklanjuti laporan itu, Panwaslu Malaysia langsung menginvestigasi ke tempat perkara bersama anggota Panwaslu Kuala Lumpur, Rizki Israeni Nur. Keduanya tiba di Taman University Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor, sekira pukul 13.00 waktu setempat.

Saat tiba di lokasi, pihaknya menemukan surat suara yang tersimpan di dalam 20 buah (boks), 10 kantong plastik, dan 5 karung goni berwarna putih dengan tulisan Pos Malaysia.

"Diperkirakan jumlah surat suara yang berada di lokasi pertama (itu) 10-20 ribu buah," jelas Yaza.

Berdasar sampel surat suara pilpres yang dibuka, telah tercoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Sedangkan, surat suara pemilihan legislatif (pileg) sudah dicoblos untuk Partai Nasdem dengan caleg DPR RI dari partai yang sama bernomor nomor urut 3.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Kedua

Sekitar pukul 13.30 waktu setempat, sebanyak enam anggota Polis Diraja Malaysia (PDRM) perwakilan Sungai Tangkas datang ke lokasi.

Kedatangan mereka untuk meminta keterangan dari beberapa saksi yang berada di lokasi tersebut.

Berdasarkan keterangan PDRM, temuan surart suara itu diminta diserahkan ke pihak kedutaan besar. Sementara lokasi penyimpanan disegel dengan garis polisi.

Berselang satu jam, pukul 14.30 waktu setempat, Panwaslu Kuala Lumpur kembali menerima informasi dari Satgas BPN Padi tentang temuan serupa di lokasi berbeda.

Lokasi kedua berada di sebuah rumah di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor. Sesampainya di lokasi kedua, Panwaslu Malaysia menemukan 158 karung yang diduga berisi surat suara. Masing-masing karung itu diduga berbobot 216 kg-230 kilogram.

"Surat suara kami temukan itu (kembali) dicoblos untuk capres 01 dengan Caleg DKI Dapil 2 Nasdem Nomor urut 2. Selain itu, juga beberapa lembar surat suara tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3. Jumlah keseluruhan surat suara di dua lokasi berjumlah 40-50 ribu surat suara," tutur Yaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.