Sukses

Tanggapan Nasdem soal Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia

Willy menegaskan, pada prinsipnya Partai NasDem menjunjung tinggi asas Luber Jurdil

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) angkat suara insiden surat suara calon anggota legislatifnya sudah tercoblos di Malaysia. Willy Aditya, Ketua DPP Nasdem bidang media menyatakan tiga sikap terkait hal tersebut.

"Kami menyerahkan segala bentuk temuan-temuan ataupun indikasi-indikasi ketidakjujuran pelaksanaan Pemilu kepada penyelenggara Pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu," kata Willy lewat siaran pers diterima, Kamis (11/4/2019).

Willy menegaskan, pada prinsipnya Partai NasDem menjunjung tinggi asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil) dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Karenanya DPP NasDem saat ini terus mencari informasi kebenaran rekaman video beredar terkait.

"Ketua NasDem Malaysia Tengku Adnan langsung mendatangi lokasi tersimpannya surat suara yang diindikasi telah tercoblos untuk caleg NasDem Dapil DKI Jakarta nomor urut 2 dengan nama Davin Kirana serta nomor urut 3 dengan nama Achmad," jelas Willy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Jebakan

Dikonfirmasi terpisah, Ketua NasDem Malaysia Tengku Adnan mengaku masih melakukan pendalaman internal di lokasi. Sebab, hingga saat ini Tengku masih dalam perjalanan menuju lokasi.

"Saat ini saya no comment, bisa jadi ini jebakan untuk 01 dan Nasdem. Menurut beberapa informasi yang saya terima di lapangan, katanya ada beberapa caleg lain dari partai lain yang namanya dicoblos dan ini yang perlu kami klarifikasi di lapangan," ujar Tengku kepada wartawan hari ini.

Sebelumnya video viral berdurasi sekira satu menit menginformasikan adanya paket-paket berisi surat suara dan surat suara yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia.

Informasi ini ditemukan oleh pengawas pemilu di Malaysia. Lewat video tersebut terungkap ada temuan surat suara yang sudah tercoblos paslon capres-cawapres 01.

Selain it ada pula surat suara pileg yang telah tercoblos untuk caleg DPR dari Partai NasDem.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini