Sukses

Usai Pemantapan Debat Capres, Jokowi: Mantul, Mantul

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin melakukan pemantapan materi debat perdana Pilpres 2019 yang akan digelar Kamis 17 Januari 2019. Jokowi menyatakan, semakin siap menghadapi depat perdana yang diselenggarakam Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Namanya pemantapan ya mantap lah. Mantul (mantap betul) mantul," ujar Jokowi di Ballroom Jakarta Theater XXI Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

"Ya ini apa persiapan, pemantapan dan evaluasi terutama untuk materi-materi. Tapi untuk lebih jelasnya biar Prof Yusril menyampaikan," sambung Jokowi.

Dalam pemantapan materi debat ini, penasihat hukum Jokowi-Ma'ruf, Yusril Ihza Mahendra dan sejumlah Tim Kampanye Nasional turut hadir. Yusril mengatakan kehadirannya untuk mengumpulkan dan menganalisis sejumlah data serta isu yang berkaitan dengan tema debat perdana yakni, masalah Hukum, Korupsi, HAM, dan Terorisme.

"Tadi materi-materi yang sudah dihimpun dari pemberitaan media, dari isu-isu yang berkembang di masyarakat sudah dirangkum dianalisis dan dimantapkan baik oleh Pak Jokowi sendiri dan Pak Ma'ruf Amin," kata Yusril.

2 dari 3 halaman

Dibantu Pakar Komunikasi

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir mengungkapkan, ada dua pakar komunikasi yang membantu persiapan debat pasangan calon presiden nomor urut 01. Mereka adalah Rizal Mustary dan Riza Primadi.

"Nah tadi ditanya siapa tim pakar yang membantu? Nah kita lihat ada saudara Rizal Mustary, Riza Primadi," kata Erick di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Riza Primadi adalah konsultan komunikasi. Dia pernah melanglangbuana di stasiun televisi swasta. Sementara, Rizal Mustary adalah profesional di bidang konten kreatif. Dia juga diketahui sebagai staf Mahfud MD. Seperti Riza, Rizal juga pernah aktif di stasiun televisi.

Erick menyebut, ada juga yang membantu secara khusus masing-masing pihak capres Joko Widodo dan cawapres Ma'ruf Amin.

irektur Komunikasi Politik TKN, Usman Kansong mengatakan dua nama tersebut adalah orang-orang yang membantu dari luar timses. Sehingga tak disebut sebagai tim organik khusus persiapan debat yang diisi oleh orang-orang internal timses.

"Bukan dalam tim organik gitu loh. Maka kalau saya ditanya saya bilang enggak gitu," kata Usman di tempat yang sama.

Sedangkan, anggota tim debat Jokowi-Ma'ruf berisikan politikus dan ahli di bidang komunikasi. Mereka adalah Tina Talisa, Putra Nababan, Meutya Hafid, Arya Sinulingga, Fiki Satari, Aria Bima, Rizal Mallarangeng, Abdul Kadir Karding, Lukman Edy, Usman Kansong, serta Ipang Wahid. Karding menjadi koordinator tim debat ini.

Adapun tugas tim debat dibagi menjadi dua. Mempersiapkan materi dan melatih penampilan pasangan calon. Usman menyebut fokus utama dari segi penampilan adalah melakukan perbaikan waktu penyampaian. Terutama kepada Ma'ruf Amin karena perlu efektivitas dan efisiensi dalam debat.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Riau Kembali Dilanda Kebakaran Hutan

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Prabowo-Sandi Gelar Simulasi Debat Pilpres di Rumah Kertanegara
Artikel Selanjutnya
Diskusi Seru Entrepreneur di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf