Sukses

Sambangi Madura, Ma'ruf Amin Ingatkan Santri Melengkapi Diri Lawan Hoaks

Ma'ruf Amin mengingatkan agar ulama dan santri menjaga agama agar tidak mudah dirusak.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan Hari Santri Nasional ke-2 bersama ulama se-Madura di Pondok Pesantren Hidayatulloh Al Muhajirin, Arosbaya, Bangkalan, Madura.

Dia berpesan kepada para santri agar tidak hanya belajar membaca Alquran dan kitab kuning. Namun, belajar lebih luas lagi soal situasi kehidupan sehingga bisa memberi jalan keluar bagi permasalahan bangsa.

Menurut Ma'ruf Amin, sejak zaman dahulu, pondok pesantren bertugas menyiapkan generasi untuk membangun bangsa dan negara. Karena itu, selain belajar agama dengan mempelajari Alquran dan kitab kuning, para santri wajib melengkapi diri dengan ilmu lain.

"Misalnya, santri sekarang harus melengkapi diri melawan isu-isu yang ada, agar dapat menangkal berita miring dan hoaks. Jadi tidak hanya mampu membaca Alquran dan menulis serta membaca kitab kuning," ujar Ma'ruf, dalam keterangannya, Jumat (19/10/2018).

Dia berharap, para santri bisa membaca 'huruf-huruf Allah' di dalam tata kehidupan. Sehingga bisa membaca situasi dan kondisi, problem-problem yang terjadi.

"Termasuk belajar ilmu siasat ekonomi dan kebudayaan. Karena apa? Karena diharapkan santri ke depan memberikan jalan keluar terhadap kondisi saat ini, problem yang terjadi saat ini. Harus diakui, santri sekarang ini menghadapi tantangan lebih berat. Harus menguasai digital untuk menghadapi tantangan global," kata Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Perjuangan Santri

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, mengingatkan santri hari ini, belajar benar sejarah perjuangan santri di Indonesia. Santri, sudah tampil sejak jaman penjajahan. Bersama para pejuang pendahulu bangsa, para santri mampu menghadapi penjajah di bawah komando Hadratusyeikh Hasyim Ashari.

Lewat resolusi Jihad, yang dikeluarkan pada 22 Oktober, pada 10 November 1945, di Surabaya, penjajah diusir. Selama ini, peristiwa Resolusi Jihad 22 Oktober itu banyak dilupakan oleh orang. Hingga pada era Presiden Jokowi lah maka peristiwa itu diingat kembali dengan penetapannya sebagai Hari Santri Nasional.

"Ini menjadi kebanggaan santri dan ulama berkat Pak Joko Widodo," imbuh Ma'ruf.

Dia pun mengingatkan agar ulama dan santri menjaga agama agar tidak mudah dirusak. Apalagi belakangan ini banyak cara berpikir dan aliran baru yang sedikit-sedikit menuding cara berpikir lain sebagai bid'ah.

"Tantangan saat ini adalah cara berpikir yang tidak sesuai dengan ulama seperti upaya menganti kenegaraan," pungkas Ma'ruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.