Sukses

Jelang Pilpres 2019, Kapolri Ganti 9 Kapolda dan 6 Wakapolda

Irjen Boy Rafli Amar yang semula Kapolda Papua dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Dia digantikan Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian merotasi sejumlah perwira tinggi di Korps Bhayangkara. Setidaknya ada sembilan jabatan Kapolda dan enam wakapolda yang diganti. 
 
Mutasi tersebut tertuang dalam dua Surat Telegram nomor ST/2014/VIII/KEP/2018 dan ST/2015/VIII/KEP/2018 yang ditandatangani Karo Binkar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Brigjen Eko Indra Heri pada Senin (13/8/2018).
 
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan adanya mutasi sejumlah perwira tinggi tersebut. Namun, dia tak menjawab saat disinggung mutasi tersebut berkaitan dengan pengamanan Pilpres 2019. 
 
"Betul. Itu mutasi rutin dalam rangka penyegaran," ujar Setyo saat dikonfirmasi di Jakarta.
 
Berikut sembilan Kapolda dan empat wakapolda yang diganti:
 
Irjen Boy Rafli Amar yang semula Kapolda Papua dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Dia digantikan Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.
 
Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang semula Kapolda Banten dimutasi menjadi Kadiv Propam Polri. Jabatan Kapolda Banten akan diisi Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri.
 
Irjen Machfud Arifin yang semula Kapolda Jawa Timur dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Kapolda Jatim akan diisi Irjen Luki Hermawan yang semula menjabat Wakabaintelkam Polri.
 
Kapolda Lampung Irjen Suntana dimutasi menjadi Wakabaintelkam Polri. Jabatan Kapolda Lampung akan diisi Brigjen Purwadi Arianto yang saat ini masih menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wakapolda Metro Jaya

Sedangkan Wakapolda Metro Jaya selanjutnya akan diisi Brigjen Wahyu Hadiningrat, yang sebelumnya sebagai Pati di Baintelkam Polri. Selanjutnya, Irjen Rachmat Mulyana yang semula menjabat Kapolda Kalimantan Selatan akan dimutasi sebagai Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri.

Jabatan Kapolda Kalsel akan diemban Irjen Yazid Fanani, yang sebelumnya sebagai Pati di Baintelkam Polri. Kapolda Kepulauan Riau Irjen Didid Widjanardi dimutasi menjadi Widya Iswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Dia digantikan Irjen Andap Budhi Redianto yang semula menjabat Kapolda Maluku.

Jabatan Kapolda Maluku nantinya akan diisi Irjen Royke Lumowa yang semula menjabat sebagai Kepala Korps Lalu Lintas Polri. Kapolda Riau Irjen Nandang dimutasi menjadi Pati di Baintelkam Polri (penugasan pada BIN).

Jabatan Kapolda Riau akan diisi oleh Wakapolda Jatim Brigjen Eko Prihastoko. Sedangkan posisi Wakapolda Jatim nantinya akan diisi oleh Brigjen Mohammad Iqbal yang semula menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri.

Jabatan Karo Penmas Divisi Humas Polri akan diisi Brigjen Dedi Prasetyo yang saat ini masih sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah.

Jabatan Wakapolda Kalteng nantinya akan diisi oleh Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto. Irjen Paulus Waterpau yang semula menjabat Kapolda Sumatera Utara dimutasi menjadi Pati di Lemdiklat Polri. Dia digantikan Brigjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumut.

Sedangkan jabatan Wakapolda Sumut akan diemban Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto yang sebelummya menjadi Koorspripim Polri.

Kombes Mohamad Aris Purnomo yang semula menjabat Wakapolda Sulawesi Tengah dimutasi menjadi Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). Dia digantikan Kombes Setyo Boedi Moempoeni Harso yang kini masih menjabat Wadan Pasgegana Korbrimob Polri.

Kombes Tantan Sulistyana yang menjabat Wakapolda Kepulauan Bangka Belitung dimutasi menjadi Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada BNN). Dia digantikan Kombes Djoko Erwanto yang semula menjabat Kabagyaninfodik Biro PID Divisi Humas Polri.

Setidaknya ada empat agenda besar yang harus diamankan Polri dalam waktu dekat ini. Antara lain gelaran internasional Asian Games 2018, Asian Paragames 2018, IMF, serta Pemilu 2019 yang meliputi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.