Sukses

Viral Meme Prabowo Menang di Survei, Indo Barometer: Itu Hoaks

Qodari menyatakan hasil survei yang ada dalam gambar tersebut tidak benar.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah meme bergambar hasil survei Pilpres 2019 yang mengatasnamakan lembaga survei Indo Barometer menyebar di media sosial.

Meme itu menampilkan foto Jokowi dan Prabowo yang menyertakan logo Indo Barometer dengan hasil survei Pilpres 2019 di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan.

Meme itu juga memuat persentase yang ada di bawah foto Prabowo lebih besar ketimbang yang ada di bawah foto Jokowi.

Terkait hal itu, pihak Indo Barometer menegaskan kalau meme tersebut hoaks alias bohong.

"Sehubungan dengan beredarnya meme hasil survei Pilpres 2019 yang terus menyebar di group-group Whatsapp mengatasnamakan Indo Barometer dalam dua hari ini, maka kami menyatakan bahwa hasil survei itu tidak pernah dilakukan oleh Indo Barometer," ujar Direktur eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/8/2018). 

 

Qodari juga menyatakan kalau hasil survei yang ada dalam gambar tersebut tidak benar.

"Dalam hal ini, secara tegas Indo Barometer menyatakan meme hasil survei Pilpres 2019 tersebut Hoax alias tidak benar. Data yang tertera di situ juga tidak benar dan bukan bersumber dari Indo Barometer," ucap dia.

Selanjutnya, Indo Barometer akan mempertimbangkan langkah hukum untuk pelaku penyebar meme tersebut.

"Indo Barometer juga menghimbau kepada para pihak untuk tidak menyebarkan hoax ini," ucap dia.

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.