Sukses

Peneliti LIPI: Pencapaian Golkar di Pilkada 2020 Fenomenal

Dari sejumlah hitung cepat yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang kredibel, Golkar banyak memimpin di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti senior LIPI Prof. Dr. Siti Zuhro, M.A. menilai pencapaian kemenangan pasangan calon (paslon) yang diusung Partai Golkar dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 cukup fenomenal.

"Apa yang dicapai kader-kader Partai Golkar pada tanggal 9 Desember lalu itu terhitung luar biasa," kata Siti Zuhro, dalam pernyataannya di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Dia juga memberi selamat atas pencapaian kader-kader Partai Golkar di Pilkada Serentak 2020. Dalam pencoblosan yang digelar pada 9 Desember 2020 di 270 daerah pemilihan se-Indonesia, partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu memenangi 165 daerah pemilihan.

Hasil Pilkada Serentak 2020 yang digelar di 270 daerah memang belum diumumkan secara resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena masih terus melakukan perhitungan akhir.

Namun, dari sejumlah hitung cepat yang dilakukan oleh lembaga penelitian yang kredibel, Golkar banyak memimpin di sejumlah daerah.

"Akan tetapi, saya kira Partai Golkar termasuk yang paling sukses. Mungkin bahkan tidak meleset jauh dari target awal," ujarnya.

Ia mencontohkan Golkar di beberapa daerah, seperti Sumatera Utara, mampu mendudukkan kadernya memenangi Pilkada Serentak 2020, seperti kader Golkar Anser Silalahi mampu menang 76 persen suara di Kota Pematang Siantar.

Tentu yang paling fenomenal adalah kemenangan di Pilkada Tangerang Selatan, kata dia, saat Golkar maju sebagai partai tunggal mengusung pasangan Benjamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

Dalam Pilkada Tangsel, Golkar berkat soliditas kader dan anggota partai mampu meruntuhkan dinasti politik yang dibangun oleh partai-partai lain.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sejak awal sudah mematok target kemenangan sebesar 60 persen. Namun, dalam penghitungan cepat yang sudah dilakukan melampaui target tersebut dengan merebut kemenangan hingga 61,11 persen.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Perhitungan Matang

Siti Zuhro menegaskan bahwa pilkada serentak merupakan kontestasi calon kepala daerah yang didukung politik partai dan antarpartai yang perlu perhitungan matang untuk menjalaninya.

Program yang ditawarkan atau diusung oleh calon kepala daerah yang bersinergi dengan strategi yang dibuat oleh partai, seperti Golkar, menjadi kunci kemenangan.

"Tentu pemetaan kondisi masyarakat di setiap dapil harus benar-benar baik. Dari pemetaan ini harus melibatkan kalangan pemilik suara, voters, atau perilaku pemilih," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.