Sukses

Eri Cahyadi Penuhi Panggilan, Ini Respons Bawaslu Surabaya

Bawaslu Surabaya akan melakukan rapat pleno terkait keterangan yang disampaikan Eri Cahyadi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya menyatakan pemanggilan Eri Cahyadi selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Surabaya untuk diminta keterangan terkait deklarasi warga yang mendukung dirinya sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Surabaya 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi pun memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk dimintai keterangan terkait kegiatan deklarasi warga yang mendukung dirinya sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Surabaya 2020.

"Pak Eri sudah menjelaskan bahwa dirinya tidak tahu menahu soal adanya deklarasi maupun selebaran profil dirinya," ujar Kepala Bawaslu Surabaya, Muhammad Agil Akbar, seperti dikutip dari Antara, Senin, 17 Februari 2020.

Oleh karena itu, Bawaslu Surabaya akan melakukan rapat pleno terkait keterangan yang disampaikan Eri Cahyadi tersebut. Saat ditanya apakah akan memanggil pihak-pihak tertentu yang terlibat dengan kegiatan deklarasi mendukung Eri Cahyadi, Agil mengatakan tidak menutup kemungkinan akan memanggil pihak-pihak yang dimaksud.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Eri

Sementara itu, Eri mengatakan, kalau pihaknya tidak mengetahui mengenai pemasangan spanduk. Pihaknya juga tidak daftar ke partai mana pun.

"Terkait dengan terpasangnya spanduk atau kegiatan apa. Kami sudah jelaskan ke Bawaslu bahwa kami tidak pernah tahu. Berkali-kali saya jelaskan, saya tidak daftar ke partai manapun," tutur Eri.

Dia menuturkan, sampai saat ini dirinya fokus pada pekerjaannya sebagai Kepala Bappeko di Pemkot Surabaya untuk menjalankan program-program yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat.

"Alhamdulilah sudah saya sampaikan ke Bawaslu. Setiap ada kegiatan ke depannya, kami bisa mengundang Bawaslu hadir, biar tidak multitafsir," kata dia.

Sementara itu, di sisi lain ratusan emak-emak pendukung Eri Cahyadi melakukan demonstrasi di kantor Bawaslu Surabaya.

"Relawan ini bukan sekadar kita kumpulkan? tidak, tapi ini perkampung, jadi di sini tidak ada koordinator. Cuma saya mewakili teman-teman ini di bawaslu ini, tidak terjadi hal yang diinginkan, saya menjaga teman-teman," kata perwakilan Relawan Eri Cahyadi, Rudi Cahyono.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.