Sukses

Gibran Minta Restu ke Jokowi dan Iriana Jelang Ikut Tes di PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka mengikuti uji kelayakan dan kepatutan tahap kedua untuk menjadi bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP pada hari ini, Senin (10/2/2020). Sebelum mengikuti tes di DPP PDIP Jakarta tersebut, Gibran mengaku sudah meminta restu orangtuanya, Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana.

Gibran mengaku sudah bertemu dengan keduanya di Jakarta pada Jumat, 7 Februari 2020.

"Saya setelah ketemu dengan bapak dan ibu minta doa restu, kemudian kembali ke Solo dan Senin, 10 Februari, kembali ke Jakarta lagi untuk mengikuti fit and proper test," papar Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri acara Doa dan Silaturahmi di DPC Projo Surakarta, Minggu 9 Februari 2020 seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan siap mengikuti tes tersebut. Meski, lanjut dia, tak ada persiapan khusus untuk menghadapi fit and proper test bakal calon Wali Kota Surakarta dari PDIP.

"Saya tidak ada persiapan khusus dan hanya bismillah berangkat ke Jakarta," kata Gibran Rakabuming Raka.

2 dari 3 halaman

Gerindra dan Golkar

Sebelumnya, sejumlah partai telah melirik Gibran sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Salah satunya adalah Partai Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku tengah membuka perbincangan dengan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming. Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi pemenangan partai di pemilihan wali kota Solo 2020.

"Kalau kita bicara untuk itu komunikasi itu sudah dilakukan, (tahap) menjajaki dengan Pak Gibran,” kata Airlangga usai memimpin rapat pleno Partai Golkar di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, lewat siaran pers diterima, Sabtu (8/2/2020).

Ada juga Gerindra yang ancang-ancang mengarahkan dukungannya ke Gibran Pilkada Solo 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid, saat menggelar syukuran perayaan Hari Lahir (Harlah) ke-12 Partai Gerindra di Kantor DPD Partai Gerindra Jateng, Kota Semarang, Kamis (6/2/2020).

Wachid mengatakan saat ini DPP Partai Gerindra memang belum mengumumkan secara resmi arah dukungannya pada Pilkada Solo nanti. Meski demikian, dari bocoran yang diperolehnya dukungan partai bentukan Prabowo Subianto itu akan lebih mengarah kepada putra sulung Jokowi.

Bocoran itu, lanjut Wachid, diperoleh saat dirinya menghadiri undangan makan malam dengan Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra di Jakarta, beberapa waktu lalu. "Saat itu kami tanyakan bagaimana sikap partai [Gerindra] di Pilkada Solo. Jawabannya, sepertinya condong ke Mas Gibran," ujar Wachid.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bajo Siap Hadapi Gibran dan Purnomo di Pilkada Solo
Artikel Selanjutnya
Kata Gibran soal Lawannya Dapat Dukungan Melebihi Batas Minimal di Pilkada Solo