Sukses

Anak hingga Kerabat Jokowi Maju Pilkada 2020, Ini Daftarnya

Berikut ini keempat anggota keluarga besar Jokowi yang bakal bertarung di Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bakal diselenggarakan di 270 daerah. Terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Keluarga Presiden Jokowi bakal turut serta bertarung di empat daerah.

Jokowi menegaskan, langkah politik yang diambil anggota keluarganya tersebut bukan untuk membangun dinasti politik.

"Siapapun punya hak pilih dan dipilih. Ya kalau rakyat enggak memilih gimana. Ini kompetisi bukan penunjukan. Beda. Tolong dibedakan," kata Jokowi di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis, 12 Novemver 2019 lalu. 

Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gibran Rakabuming Raka

Putra sulung Jokowi ini secara resmi sudah mendaftarkan diri ke kantor DPD PDIP Jawa Tengah, sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2020, Kamis, 12 Desember 2019. 

"Terima kasih saya telah diterima di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Maksud dan tujuan saya datang ke sini adalah untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo," kata Gibran Rakabuming Raka saat diterima tim pendaftaran DPD PDI Perjuangan.

Bahkan Gibran Rakabuming Raka juga telah menjadi kader PDIP, setelah mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Di hadapan para pendukungnya, Gibran berjanji akan membawa Kota Solo lebih maju jika diberi kesempatan sebagai Wali Kota.

"Kita sudah tidak lagi bicara masalah perubahan. Kita sudah bicara masalah lompatan, kita bicara masalah percepatan. Melompat agar lebih sejahtera lagi masyarakatnya. Agar Solo melompat lebih maju," kata Gibran.

3 dari 5 halaman

Bobby Nasution

Bobby Afif Nasution secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Medan ke Partai Golkar. Hal ini sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Medan 2020 mendatang.

Bobby mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali kota Medan ke Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Medan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kedatangan Bobby didampingi pamannya, Doli Sinomba Siregar.

"Saya dan Golkar memiliki niat yang sama, mengembalikan kebanggaan Kota Medan. Partai Golkar keluarga saya, ini niat sama-sama untuk membenahi sudut pandang kita terhadap Medan," kata Bobby, Jumat,13 Desember 2019.

Ketua DPD Partai Golkar Medan, HM Syaf Lubis menyebut, Bobby Nasution merupakan kandidat ke-16 yang mendaftar di Partai Golkar. Siapapun yang ditunjuk Dewan Perwakilan Pusat (DPP) nantinya, Partai Golkar Medan siap memenangkan.

 

4 dari 5 halaman

Paman Bobby, Doli Sinomba Siregar

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar mengaku, serius maju di Pilkada Tapanuli Selatan (Tapsel). Dia mendaftar melalui sejumlah partai politik.

"Saya sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Tapsel ke PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura termasuk ke Partai Golkar," katanya, Sabtu, 11 Januari 2020, dikutip dari Antara.

Dia memutuskan maju di Pilkada Tapsel karena banyak dorongan yang diterima dari berbagai pihak.

"Terlalu banyak masukan untuk menguatkan tekad, dan dorongan yang besar ini harus kita akomodir dengan baik," jelasnya. 

Dia berharap banyak dukungan dari para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh agama di Tapanulis Selatan. 

5 dari 5 halaman

Adik Ipar Jokowi, Wahyu Purwanto

Ipar Presiden Jokowi, Wahyu Purwanto disebut akan meramaikan bursa calon bupati Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Partai NasDem.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem DIY, Suharno mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari DPP NasDem terkait surat rekomendasi siapa yang akan maju sebagai calon bupati dari NasDem.

Wahyu Purwanto kemungkinan akan maju bersama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid sebagai bakal calon wakil bupati.

"Kami berharap Wahyu Purwanto bisa mendapatkan rekomendasi dari DPP NasDem," katanya, dikutip dari Antara.

 

Reporter: Randy Ferdi Firdaus

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.