Sukses

Masuk Daftar 50 Pemimpin Terbaik Dunia, Ini Respons Ridwan Kamil

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung nonaktif Ridwan Kamil masuk dalam daftar 50 Pemimpin Terbaik Versi Majalah Fortune. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini dianggap sebagai pemimpin yang berpengaruh terhadap perubahan ketika masih aktif menjabat sebagai Wali Kota Bandung sejak 2013 lalu.

Dikutip dari situs majalah Fortune, Ridwan Kamil menduduki urutan ke-48 dari 50 pemimpin paling berpengaruh. Di antara 50 orang tersebut, Ridwan Kamil menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini.

Merespons hal tersebut, Emil mengaku bahagia. Dia tak menyangka akan mendapat penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah pagi ini saya dapat berita baik, masuk sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk di The World's 50 Greates Leaders," kata Kang Emil, di Kabupaten Bekasi, Jumat, 20 April 2019. 

Dia mengaku tak pernah menargetkan untuk mendapat penghargaan itu. Namun, menurut dia, tak dimungkiri apa yang dikerjakan seperti berinovasi dalam membangun bakal diamati oleh dunia.

Salah satunya bahwa menggunakan teknologi dapat membereskan Indonesia yang tercitrakan lambat, mahal dan sebagainya.

"Mudah-mudahan ini menyemangati kaum milenial bahwa orang Indonesia bisa bersaing di kelas dunia, asal mau berinovasi," ujar dia.

Inovasi yang dilakukan Ridwan Kamil selama memimpin Bandung adalah penggunaan aplikasi digital untuk mengelola anggaran. Antara lain, e-budgeting, e-lelang, e-zakat (aplikasi bayar zakat), hingga aplikasi menilai kinerja ASN.

Disinggung relasi dengan pilkada, Emil berharap bisa meningkatkan elektabilitasnya. Sebab, kepemimpinan orang Indonesia mendapatkan apresiasi tingkat dunia.

"Kebetulan waktu munculnya April, ketika pilkada, alhamdulillah, kalau itu bisa menambah elektabilitas. Tapi minimal menyemangati yang lain," ujar dia.

Menurut dia, salah satu visi misi pasangan Rindu adalah menjadikan provinsi digital di Jabar. Sehingga, menurut dia, semua urusan di Jawa Barat akan diubah dari manual menjadi digital.

"Saya punya pengalaman di Bandung dan diapresiasi Fortune. Nah itulah yang terjadi, hidup kita akan lebih cepat, mudah dan sejahtera dengan digital," Ridwan Kamil

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianggap Sosok Inovatif

Selain Ridwan Kamil, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mendapatkan penghargaan di peringkat 13 dan presenter ternama Oprah Wifrey berada di posisi 27.

"Saat Kamil menjadi Wali Kota Bandung di 2013, kota yang memiliki 2,5 juta penduduk ini memiliki berbagai masalah seperti polusi, kemacetan lalu lintas, birokrasi yang berbelit-belit," tulis Fortune.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga dinilai sosok arsitek yang mampu mengubah Kota Bandung sebagai kota yang memanfaatkan teknologi. Selama kepemimpinannya ada banyak aplikasi software yang diciptakan untuk membantu dan mempermudah birokrasi.

Masih menurut Fortune, Ridwan Kamil juga mendirikan Bandung Command Centre, yang menjadi ikon smart city di Bandung. Lewat Bandung Command Centre, dengan memanfaatkan CCTV, pemerintah mampu merespons lebih cepat segala permasalahan yang ada di Bandung, seperti masalah lalu lintas maupun jalan berlubang.

"Saat ini dia mencalonkan diri jadi gubernur Jawa Barat, posisi kunci dalam perpolitikan Indonesia," tulis Fortune.

Selain Emil, beberapa nama lain seperti Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, petenis Serena Williams, dan CEO Apple Tim Cook juga masuk dalam daftar ini.

 

Reporter: Adi Nugroho

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.