Sukses

Pesan Wakil Ketua DPR Jelang Debat Cagub DKI Putaran Ketiga

Politikus PAN ini berharap dalam debat cagub DKI terakhir, seluruh paslon dapat mengeluarkan semua 'jurus' untuk memikat warga Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta agar debat cagub DKI putaran ketiga dilaksanakan dengan baik. Ia menyebut, debat merupakan ajang penyampaian visi dan misi dari pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur.

"Malam nanti kita semua akan menyaksikan bagian akhir ajang penyampaian visi dan misi yang biasa disebut sebagai debat terbuka, di mana seluruh kontestan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta diberikan kesempatan untuk memaparkan sekaligus beradu ide, gagasan, dan program untuk kemajuan Jakarta dengan kompetitor lainnya," ucap Taufik dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Dalam debat terakhir ini, menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta melibatkan juga panelis dan moderator yang independen, berkualitas, berintergritas, serta memiliki pandangan juga pemahaman yang luas mengenai ibu kota.

"Sehingga kita semua akan menikmati tontonan yang mencerdaskan, karena di dalamnya memperlihatkan nilai-nilai demokrasi di mana perbedaan ide, gagasan, dan cara pandang yang tidak perlu berakhir dengan cara-cara kekerasan, namun dapat diselesaikan melalui forum debat terbuka," tutur dia.

Politikus PAN ini pun berharap dalam debat cagub DKI terakhir seluruh paslon dapat mengeluarkan semua 'jurus' dalam menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka untuk kemajuan Jakarta serta warga yang ada di dalamnya.

"(Paslon diharapkan) mampu berdebat dengan memberikan jawaban-jawaban cerdas jika program kerja mereka dikritisi paslon lainnya. Ingat, rakyat Indonesia khususnya warga Jakarta banyak yang menyaksikan debat ini," kata dia.

Melalui debat, lanjutnya, para paslon juga dapat menjelaskan sekaligus mengklarifikasi berbagai persepsi yang mungkin kurang atau belum dipahami publik. Sehingga, kata Taufik, hal itu dapat menjernihkan berbagai kesimpang-siuran tentang figur dan pemikiran mereka selama ini.

"Seluruh ide, visi misi, dan program kerja yang mereka sampaikan dalam debat ini, tentunya akan menjadi catatan tersendiri bagi warga Jakarta untuk memilih gubernur dan wakil gubernur mereka," ucap dia.

"Kembali saya sampaikan pendapat saya bahwasanya calon-calon pemimpin, adalah mereka yang sesungguhnya telah memiliki rencana yang baik tentang DKI Jakarta masa depan. Berbagai program yang dikemas dalam visi dan misi akan saling mengisi ruang pemikiran kita, hingga masyarakat Jakarta akan menentukan pasangan mana yang layak dan sesuai dengan kehendak mereka," imbuh dia.

Taufik pun mengapresiasi semua pihak, antara lain KPU DKI Jakarta sebagai panitia penyelenggara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), POLRI, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta tim sukses dan pendukungnya, serta pihak-pihak lainnya yang menjaga debat cagub DKI berjalan lancar dan aman, sehingga suasana ibu kota tetap kondusif di tengah suhu politik yang fluktuatif menjelang pilkada.

 

*** Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.