Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Pileg Jateng: Sudirman Said hingga Anak Amien Rais Gagal ke Senayan

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas nama besar tokoh dan selebritis tidak menjamin memenangkan pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Sejumlah nama terkenal tumbang dan gagal melenggang ke Senayan dalam Pileg 2019 di Provinsi Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja merampungkan rekapitulasi suara pemilu tingkat nasional untuk Provinsi Jawa Tengah, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Di Jawa Tengah dengan jumlah pemilih lebih dari 20 juta jiwa, memiliki 1.046 caleg untuk memperebutkan 77 kursi. Tak heran, perebutan kursi di daerah basis PDI Perjuangan itu sangat ketat.

Ada nama Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga orang dekat Prabowo Subianto, Sugiono yang gagal mendapatkan kursi DPR. Dia bertarung di Dapil I Jateng meliputi Semarang, Kendal, dan Salatiga.

Selain itu, mantan Calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2018 Sudirman Said juga gagal bertarung di Jateng IX yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal. Dia hanya meraup suara sebanyak 81.787.

Elite Gerindra lain yang gagal melenggang ke Senayan pada Pileg 2019 adalah Waketum Ferry Juliantono yang berasal dari Dapil IV meliputi Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

Ada juga nama anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Mustofa Nahrawardaya yang merupakan caleg PAN. Penggiat media sosial itu tak berhasil lolos dari Dapil V Jateng yang meliputi Klaten, Sukoharjo, Boyolali, Kota Surakarta.

 

2 dari 3 halaman

Anak Amien Rais

Anak mantan Ketua MPR Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais juga tak berhasil menjadi anggota legislatif dari PAN.

Dua nama tersangka korupsi, Taufik Kurniawan dari PAN dan Bowo Sidik Pangarso dari Golkar juga gagal dalam pencalegan. Serta nama Waketum MUI yang merupakan caleg PPP Zainut Tauhid juga mengalami nasib serupa.

Sejumlah nama beken publik figur juga gagal. Selebriti dan atlet yang gagal di antaranya, Jamal Mirdad (Gerindra), Cut Meyriska (Nasdem), Adly Fairuz (Nasdem), Yayuk Basuki (PAN).

Selanjutnya ada Tamara Geraldine (PDIP), Bertrand Antolin (Nasdem), Nafa Urbach (Nasdem), Chris John (Nasdem), Annisa Bahar (Nasdem), Kristina Iswandari (Nasdem), Jonathan Frizzy (Nasdem).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Minta Amien Rais Tak Usah Berkomentar Soal Pemindahan Ibu Kota
Artikel Selanjutnya
Zulkifli Hasan: Pilpres Sudah Usai, Mari Kita Move On