Sukses

Hanum Rais Bicara Peluang Menang Pileg dan Melenggang ke Senayan

Liputan6.com, Jakarta - Sekalipun penghitungan suara calon legislatif masih berjalan, titik terang melenggang ke kantor dewan sudah membayangi anak-anak Amien Rais.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Hanafi Rais maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil DIY, Hanum Salsabiela Rais mencalonkan diri sebagai anggota DPRD DIY dari Dapil Sleman Utara, Ahmad Baihaqy Rais maju sebagai mencalonkan sebagai calon anggota DPRD DIY lewat dapil Kulonprogo, Ahmad Mumtaz Rais mencalonkan diri sebagai anggota DPR lewat dapil Jateng 3 (Magelang, Purworejo, dan Temanggung).

Hanum menyebutkan sampai saat ini penghitungan suara yang masuk sudah sekitar 75 persen.

"Dengan kerendahan hati tanpa mendahului kehendak Allah, kami menghitung, mengumpulkan C1, dan dicocokkan dengan PPK (suara) hampir 19.000, itu masih menyisakan kecamatan yang belum terekap, (mungkin) 19.000 lebih bisa," ujar Hanum, Kamis (25/4/2019).

Ia mengungkapkan perolehan suara ini tertinggi, tidak hanya di internal partai, melainkan juga eksternal. Menurut Hanum, perolehan suaranya sudah melebihi target awal.

Semula ia menargetkan perolehan suara, termasuk yang perolehan suara partai, sama dengan caleg dari PAN periode lalu, yakni 17.000. Faktanya, ia memperoleh suara di atas anggota legislatif dari PAN periode sebelumnya.

Meskipun demikian, ia tidak berani mendahului hasil penghitungan akhir.

"Saya tidak berani mendahului dengan bilang aman banget, tetapi secara potensi saya aman," ucapnya.

Hanum menganalogikan perolehan suaranya saat ini seperti usia kehamilan 8,5 bulan. Artinya, ketika akan melahirkan sudah tidak prematur.

"Suara partai sudah ngangkat, satu kursi pasti dapat," tuturnya.

Terkait perolehan suara kakaknya Hadapi Rais, Hanum mengungkapkan penghitungan suara masih berjalan. Namun, mengutip ucapan Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin, hasil rekap tidak akan melesat jauh. Saat ini berkisar 121.000 sampai 122.000 dan angka dari saksi masih terus diversifikasi, sehingga tidak menutup kemungkinan bertambah menjadi 140.000 sampai 150.000.

Ia juga tidak menampik jika Hanafi berpotensi melenggang ke Senayan karena perolehan suaranya mencukupi.

Akan tetapi, Hanum tidak berani berkomentar soal perolehan suara Baihaqy dan Mumtaz karena belum meminta izin kepada mereka untuk berbicara soal perolehan suara keduanya kepada media.

"Kalau dengan Hanafi, saya sudah diizinkan," ucap Hanum.

 

2 dari 3 halaman

Daerah Pemilihan

Anak pertama Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais, yang juga merupakan caleg petahana PAN, mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPR RI untuk dapil DIY, meliputi Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Adik Hanafi Rais, Hanum Salsabiela Rais, mendaftarkan diri sebagai caleg untuk DPRD DIY. Pada pileg mendatang, dia akan berusaha meraup suara di dapil Sleman Timur atau dapil 6 DIY. Ia mendapat nomor urut 1.

Anak ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, maju mencalonkan diri sebagai anggota legislatif untuk DPR RI dapil Jawa Tengah IV.

Anak kelima Amien Rais, Ahmad Baihaqy Rais, maju ke pencalonan anggota legislatif untuk DPRD DIY dengan nomor urut 2 dan berlaga di dapil IV Kulonprogo.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hanum Rais Periksa Ratna Sarumpaet, Tompi: Antara Tidak Mampu atau Ikut Bohong
Artikel Selanjutnya
Kemenangan Jokowi di Kampung Amien Rais hingga Surat Suara yang Tertukar