Sukses

51 TPS di NTT Gelar Pemungutan Suara Ulang

Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, 51 TPS yang menggelar pemungutan suara ulang itu tersebar di sejumlah kabupaten dan kota.

Liputan6.com, Kupang - Sebanyak 51 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar pemungutan suara ulang. Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, 51 TPS itu tersebar di sejumlah kabupaten dan kota.

"Pemungutan suara ulang ini berdasarkan rekomendasi dari Pengawas TPS," ujar Thomas, kepada Liputan6.com, Senin (22/4/2019).

Dia mengatakan, sejumlah daerah yang akan melakukan pemungutan suara ulang yakni, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Selanjutnya, Kabupaten Belu, Malaka, Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Lembata, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

"Totalnya 51 TPS dan 10.428 DPT," kata Thomas.

Menurut dia, pemungutan suara ulang itu dilakukan karena terjadi beberapa masalah, seperti pencoblosan oleh pemilih dari daerah lain yang tidak membawa form A5 saat mencoblos.

Selain itu, kata Thomas, ada pemilih yang mencoblos dengan menggunakan C6 bukan miliknya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar 27 April

Thomas mengatakan, pemilihan suara ulang rencananya digelar pada 27 April 2019 mendatang.

Thomas pun berharap, bila ada TPS di NTT yang memiliki masalah yang sama, bisa segera direkomendasi oleh Bawaslu.

"Kami harap, secepatnya rekomendasi karena kami butuh persiapan untuk pengadaan logistik," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.