Sukses

600 Kotak Suara Pemilu 2019 Tambahan Tiba di Batam

Liputan6.com, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau mendapatkan tambahan 600 kotak suara untuk Pemilu 2019.

Tambahan 600 kotak suara itu disesuaikan dengan penambahan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan DPTHP-2 beberapa waktu lalu.

"Sudah masuk tambahan 600 kotak suara yang dikemas dalam 120 koli," kata Ketua KPU Batam Syahrul Huda, seperti dilansir Antara, Rabu (3/4/2019).

Sebelumnya, menurut Syahrul, KPU RI mengirimkan 14.342 kotak suara berdasarkan DPT Batam sebanyak 638.170 pemilih.

Setelah dilakukan pendataan ulang, kata dia, jumlah DPT Batam bertambah dan ditetapkan DPTHP-2 sebanyak 650.876, sehingga kotak suara yang sudah sampai dinilai kurang.

"Sebanyak 600 kotak suara yang baru sampai langsung disimpan di gudang logistik KPU Batam, bersama logistik Pemilu lain yang sudah tiba terlebih dulu," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Surat Suara Masih Menunggu

Menurut Syahrul, untuk surat suara, KPU Batam masih menunggu pengiriman tambahan dari KPU RI.

Ia mengatakan, sebenarnya KPU RI sudah mengirimkan surat suara sesuai dengan jumlah DPTHP-2. Namun saat pelipatan surat suara, kata dia, ditemukan 1.689 lembar yang rusak, sehingga dibutuhkan penggantian.

Bila surat suara sudah tiba, lanjut Syahrul, kemungkinan akan dilipat sendiri oleh staf KPU tanpa melibatkan pihak ketiga sebagai jasa pelipatan.

"Karena jumlahnya juga relatif sedikit, kemungkinan bisa ditangani sendiri," tuturnya.

Selain surat suara, sambung Syahrul, KPU Batam juga masih menunggu logistik berupa formulir C6. Dia mengatakan, formulir C6 adalah undangan untuk pemilih.

"Rencananya tanggal 4 atau 5 April sampai di sini," pungkas Syahrul.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4.474 Surat Suara di KPU Karawang Rusak
Artikel Selanjutnya
Enaknya Caleg Banyumas, Jika Depresi Diusulkan Ditanggung Jamkesda