Sukses

Sulit Kendaraan, KPU Kabupaten Kupang Kirim Logistik Pemilu 2019 Lewat Laut

Liputan6.com, Kupang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggunakan jasa transportasi laut dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2019.

Transportasi laut tersebut digunakan untuk kecamatan di kawasan perbatasan Ocusse, Timor Leste yang sulit dijangkau kendaraan umum ketika cuaca buruk.

"Pada saat musim hujan, akses transportasi darat menuju beberapa kecamatan di Amfoang selalu putus total, sehingga untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019, kami mengantisipasinya dengan menggunakan jasa angkutan laut milik ASDP, mengangkut logistik Pemilu menuju kawasan perbatasan Oecusse, Timor Leste," ujar juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat, seperti dilansir Antara, Selasa (26/2/2019).

Dia memaparkan, enam kecamatan di kawasan perbatasan Ocusse, Timor Leste itu adalah Kecamatan Amfoang Timur, Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Utara, Amfoang Tengah, dan Amfoang Selatan.

Menurut Johanis, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kabupaten Kupang untuk membantu mendistribusikan logistik Pemilu ke wilayah perbatasan.

"ASDP Kupang sudah memiliki kapal yang rutin melintasi Kupang-Naikliu sehingga distribusi logistik Pemilu bisa dilakukan melalui jalur laut apabila tidak bisa dilakukan melalui jalur darat," kata Johanis.

 

2 dari 3 halaman

Logistik Pemilu Disortir

Menurut salah satu komisioner KPU Kabupaten Kupang ini, proses penyortiran logistik Pemilu sedang berlangsung di aula Gereja Elim Naibonat.

Johanis menegaskan, pendistribusian logistik Pemilu dilakukan mulai awal April 2019 setelah semua logistik Pemilu dalam kondisi lengkap.

"Surat suara Pemilu 2019 sedang dalam pendistribusi dari Makassar menuju Kupang. Apabila sudah sampai di Kupang kami langsung menyortir untuk dimasukkan ke dalam kotak suara sebelum didistribusikan ke 24 kecamatan di Kabupaten Kupang," tegas Johanis.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perbedaan Kartu Ma’ruf dan Sandi di Debat Cawapres
Loading
Artikel Selanjutnya
Masyarakat Diimbau Awasi Formulir C1 dan C7 di Hari Pencoblosan
Artikel Selanjutnya
Setop Kampanye Hitam di Pemilu 2019