Sukses

Janji TNI Terus Jaga Netralitas di Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali menegaskan TNI berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019," ujar Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan oleh KSAD Jenderal Mulyono, seperti dilansir Antara, Rabu (10/10/2018).

Salah satunya, lanjut dia, adalah tekad TNI untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng keutuhan NKRI. Karena itu, Panglima TNI menekankan agar prajurit mempertahankan dan meningkatkan soliditas TNI.

Selain itu juga, sambung Mulyono, akan menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat agar TNI selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa.

"Mantapkan netralitas TNI, baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Janganlah terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu," tandas Mulyono.

Sementara itu, Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Kertopati mengatakan, netralitas adalah hal yang harus dilaksanakan secara konsisten dengan berbagai konsekuensinya.

"Pada tahun politik ini soliditas TNI-Polri merupakan suatu keniscayaan," kata Susaningtyas.

Menurut dia, perebutan kekuasaan akan memunculkan ruang perdebatan yang menjurus pada perang urat syaraf yang sedikit kepleset saja bisa jadi tragedi permusuhan.

"Hal ini harus diantisiapasi jauh hari. Pihak yang dapat mencegah dan menanggulangi ini adalah TNI Polri," jelas Susaningtyas.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
TNI Usir Pesawat Tempur Asing yang Melintas di Atas Pulau Natuna
Artikel Selanjutnya
Keringat Prajurit TNI di Balik Terang Kampung Kriku Papua