Sukses

Jokowi: TNI Selalu Terdepan Jaga NKRI dan Tangani Bencana

Jokowi menyebut TNI telah mengerahkan personel dan alutsista guna membantu penanganan bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota TNI. Sebab, TNI telah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan membantu penanganan bencana alam di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara peringatan hari ulang tahun ke-73 TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

"Dengan penuh keyakinan saya mengatakan terbukti TNI selalu yang pertama dan terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan dalam membantu masyarakat menghadapi bencana alam di NTB, di Sulawesi Tengah, dan di tempat lain di negara kita Indonesia," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, TNI telah mengerahkan personel dan alutsista guna membantu penanganan bencana. TNI juga berhasil bekerja sama dengan kepolisian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang terdampak bencana.

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran TNI yang telah dengan cepat, dengan sigap dengan tulus hati membantu korban bencana," tuturnya.

"Darmabakti saudara-saudara sungguh membanggakan rakyat, membanggakan kita semua," ucap Jokowi.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jati Diri TNI

Jokowi mengatakan, pengabdian para prajurit dalam membantu korban bencana alam merupakan bentuk profesionalisme TNI.

"Ini merupakan salah satu wujud profesionalisme TNI untuk rakyat yang dijadikan tema HUT TNI ke 73 tahun ini, sebagai cerminan jati diri tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga berpesan tentang jati diri TNI. Mengutip kata seorang perwira tinggi pada masa Revolusi Nasional Indonesia, Jenderal Sudirman, Jokowi menekankan bahwa politik TNI adalah politik negara dan loyalitas tentara adalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya juga selalu menegaskan TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan yang tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik yang sempit, selalu menjamin netralitas politik di era demokrasi seperti sekarang, selalu menjamin keutuhan nilai nasional dan membangun persatuan dan solidaritas antar anak bangsa," Jokowi memungkasi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.