Sukses

KPU Jakarta Petakan TPS Jelang Pilkada 2024

Adapun persiapan pemetaan TPS penting dilakukan untuk memetakan perkiraan berapa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan TPS yang akan dibentuk pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Nantinya, pemetaan TPS akan digelar oleh KPU kabupaten/kota serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-DKI Jakarta. KPU juga akan berkoordinasi dengan lurah, RT/RW dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Adapun persiapan pemetaan TPS penting dilakukan untuk memetakan perkiraan berapa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan TPS yang akan dibentuk pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024.

"Pemetaan TPS dilakukan dengan membagi pemilih untuk setiap TPS paling banyak 600 orang," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/5/2024).

Menurut Fahmi, pemetaan TPS akan berimplikasi terhadap jumlah pantarlih yang akan direkrut, termasuk juga alokasi anggaran untuk pendirian TPS dan KPPS yang bertugas.

Fahmi merinci bahwa saat pemetaan TPS perlu memperhatikan sejumlah aspek. Pertama, tidak menggabungkan kelurahan.

"Kedua kemudahan pemilih ke TPS. Ketiga tidak memisahkan pemilih dalam satu KK pada TPS yang berbeda, dan terakhir, adalah aspek geografis," katanya.

Adapun sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, pemungutan suara untuk Pilkada Serentak 2024 dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPU Jakarta Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Monas Malam Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan meluncurkan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024 atau Pilkada DKI Jakarta pada Sabtu malam, (25/5/2024).

Peluncuran bakal digelar di Lapangan Selatan Monumen Nasional (Monas). KPU Jakarta menjadwalkan peluncuran dimulai sekira pukul 19.00 WIB.

"Launching tahapan adalah tanda bahwa KPU DKI Jakarta telah siap melaksanakan Pemilihan Gubernur Serentak pada 27 November 2024" kata Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (25/5/2024).

Astri menjelaskan, peluncuran tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta juga dilakukan dalam rangka menyosialisasikan Pilkada Serentak 2024.

Selain itu, Astri mengatakan pihaknya juga bertujuan memasifkan sosialisasi pendidikan pemilih kepada masyarakat khususnya warga DKI Jakarta jelang pilkada digelar pada November 2024 mendatang.

"KPU Provinsi DKI Jakarta akan memperkenalkan maskot dan jingle pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi DKI Jakarta dalam acara tersebut," ucapnya.

Menurut Astri, juga akan ada booth sosialisasi Pilkada dari KPU kabupaten dan kota serta voucher jajanan betawi bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam games di booth yang disediakan.

Acara peluncuran juga akan dimeriahkan oleh musisi Indonesia Armada Band hingga Suara Marvelous dan band lokal lainnya.

Tak hanya itu, lanjut Astri acara juga akan dihadiri oleh jajaran Forkopimda, ormas, kelompok masyarakat di wilayah Jakarta.

"KPU DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk hadir memeriahkan kegiatan peluncuran tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi DKI Jakarta 2024," ujar Astri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini