Sukses

PKB Siapkan Cagub Perempuan untuk Lawan Khofifah di Pilkada Jatim

Syaiful memastikan PKB akan membentuk poros dari petahana. PKB bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi untuk menjadi lawan Khofifah di Pilkada Jatim.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda menyatakan pihaknya sudah menyiapkan calon gubernur perempuan yang akan menjadi penantang Khofifah Indar Parawansa di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

"Ada nama, sama-sama perempuan yang nanti kira-kira bisa berkompetisi sesama perempuan dengan, Mbak Khofifah," kata Huda pada wartawan, Jumat (17/5/2024).

Rencananya, PKB akan mengumumkan nama sosok tersebut pekan ini. “Minggu ini akan kami sebutkan nama dari perempuan yang bisa menjadi kompetitor yang sengit untuk, Mbak Khofifah," ujar Huda.

Ketua Komisi X itu memastikan, PKB akan membentuk poros  dari petahana. Sebab, lanjutnya, PKB bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi.

"Karena PKB termasuk yang mendapat golden tiket di Jawa Timur, tanpa koalisi dengan partai lain PKB bisa mendorong poros di luar, Mbak Khofifah," ujarnya.

Meski demikian, Huda memastikan pihaknya tetap membuka komunikasi dengan parpol lain.

"Tetapi PKB tetap bangun komunikasi dengan partai lain," ungkap Huda.

Adapun nama-nama yang sudah beredar masuk dadftar cagub diantaranya mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar.

"Beberapa nama sudah beredar di sana, khusus Jawa Timur saya kira saya bisa menyebut nama Kiai Marzuki Mustamar," pungkasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golkar Tetapkan Dukungan ke Khofifah di Pilkada Jatim?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bakal melakukan pertemuan dengan Khofifah Indar Parawansa perihal dukungan untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Pertemuan digelar pada malam ini, Jumat (17/5).

"Bu Khofifah nanti malam," kata Airlangga di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/5/2024).

"Nanti ada undangannya," kata Airlangga.

Airlangga juga ditanya apakah pertemuan dengan Khofifah sekaligus pemberian tugas untuk Khofifah dan calon wakilnya.

Dia tidak menampik daat menanggapi pertanyaan kepastian Emil Dardak bakal diusung Golkar untuk mendampingi Khofifah.

"Seperti itulah kira-kira," kata Airlangga.

Apakah jawaban Airlangga menandakan mendukung Khofifah-Emil, dia hanya bilang semuanya positif.

"Semuanya positif," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.